Pengertian dan Definisi Metabolisme

Metabolisme adalah proses pertukaran sel dalam tubuh secara keseluruhan melalui proses kimia. Pertukaran ini meliputi pembaruan sel, pembentukan sel, pemecahan sel dan pembelahan sel.

Sebelum terjadi pertukaran sel, senyawa dalam tubuh seperti protein, karbohidrat dan lemak akan berkumpul terlebih dahulu kemudian bergabung.

p 78

Semua makhluk hidup akan mengalami metabolisme. Dalam definisi lebih luas, metabolisme dapat diartikan sebagai proses kimiawiyang terjadi pada makhuk hidup, baik itu bersel tunggal atau bersel komplek layaknya manusia.

Proses kimiawi ini dimaksudkan agar makhluk hidup dapat mengubah dan menggunakan senyawa kimia dalam mempertahankan kehidupannya.

Proses metabolisme sejatinya dilakukan oleh sejenis enzim, juga berfungsi sebagai detoksifikasi dan oksidasi. Metabolisme yang terjadi sebenarnya sangat komplek, karena selalu melibatkan berbagai senyawa dari yang terkecil hingga senyawa komplek.

Jenis metabolisme

Metabolisme terbagi dalam dua kategori. Tiap kategori tidak bisa dipisahkan dari kategori lainnya karena saling berhubungan dan terjadi dalam satu lingkup. Meskipun begitu, metabolisme ini sering berlawanan dalam fungsi dan cara kerjanya.

  • Anabolisme

Anabolisme adalah penyusunan zat kimia sederhana menjadi senyawa yang lebih komplek dan akan menghasilkan protein, karbohidrat dan lemak.

  • Katabolisme

Katabolisme adalah pemecahan zat komplek menjadi senyawa kimia yang lebih sederhana dan akan menghasilkan energi.

Proses metabolisme

Proses metabolisme terjadi secara berurutan dan beraturan. Proses ini akan melibatkan penggunaan sejumlah senyawa kimia dan energi. Metabolisme ini akan mengubah bentuk suatu energi sesuai dengan keadaan ketika dibutuhkan oleh tubuh.

  • Metabolisme protein

Protein yang dierap oleh tubuh kebanyakan berasal dari sayur dan daging. Protein ini akan dicerna di lambung oleh enzim pepsin, termasuk kolagen yang merupakan struktur utama pembentuk kulit.

Kelebihan protein hasil pencernaan kemudian diubah menjadi senyawa N dan disinetesis sebagai urea. Urea tidak dibutuhkan oleh tubuh sehingga akan ikut terbuang bersama urin. Hasil akhir dari oksidasi metabolisme protein adalah energi.

  • Metabolisme karbohidrat

Pada saat mencerna makanan, karbohidrat akan diuraikan dengan molekul air liur. Air liur mengandung enzim ptyalin yang disekresikan dalam mulut oleh kelenjar parotis. Makanan tersebut akan diubah menjadi maltose oleh enzim ptyalin dan akan diteruskan ke dalam lambung dan menghasilkan pati.

Pati kemudian akan dipecah amylase dari pancreas menjadi polimer glukosa dan maltosa. Hasil akhir dari metabolisme pencernaan makanan adalah monosakarida, manosa, glaktosa, fruktosa dan glukosa.

  • Metabolisme lemak

Metabolisme pencernaan lemak terjadi pada usus, karena pada usus mempunyai enzim lipase. Enzim lipase pada usus mempunyai fungsi fungsi untuk memecah lemak. ketika lemak memasuki usus, hormon kolesistokinin langsung bereaksi sehingga empedu mengeluarkan cairan.

Emulsi lemak adalah pemecahan lemak sehingga lemak akan lebih mudah dicerna oleh enzim lipase. Hasil akhir dari metabolisme lemak adalah meningkatkan jumlah lektrolit.

Fungsi metabolisme

Metabolisme dalam tubuh mempunyai peran yang sangat penting bagi kelangsungan hidup suatu makhluk hidup. Metabolisme ini akan menjaga makhluk hidup mempertahankan kelangsungan hidupnya.

  • Memperoleh zat kimia

Alam menyediakan berbagai kebutuhan hidup dalam berbagai bentuk energi kimia. Metabolisme akan mengambil zat yang tersedia dari alam yang selanjutnya akan diubah sesuai dengan kebutuhannya.

Baca Artikel Lainnya :

  • Mengubah zat kimia

Setelah memperoleh zat kimia, metabolisme akan mengubah zat tersebut sesuai dengan apa yang diminta oleh tubuh, misalnya energi, dan sebagainya.

  • Menyusun zat kimia

Setelah tubuh mengidentifikasi kebutuhannya, metabolisme akan meyusun zat tersebut dalam bentuk lain, seperti protein, karbohidrat, lemak, dan lainnya.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *