Pengertian dan Definisi Meteorit

Nama meteorit sering disandingkan dengan nama benda-benda luar angkasa lainnya seperti asteroid, meteoroid, meteor, komet dan sebagainya. Dari semua itu sebenarnya letak perbedaannya terletak pada bahan penyusunnya dan prosesnya.

d 2

Ada baiknya kalau kita mengetahui definisi dari semua benda luar angkasa yang sudah disebutkan tadi. Supaya kita bisa membedakan antara satu dengan lainnya.

Kita mulai dengan asteroid saja ya, sesuai dengan urutan di atas. Asteroid adalah benda luar angkasa yang tersusun dari batuan besar dan mengorbit Matahari juga. asteroid sering disebut juga planetoid karena merupakan planet kecil.

Orbital asteroid biasanya menyimpang dari planet biasanya dan berbentuk lingkaran, elips, dan ada pula yang lonjong. Dalam orbitnya, asteroid cenderung berimpit dengan planet terbesar di tata surya kita, yaitu Jupiter.

Selanjutnya meteoroid. Meteoroid adalah benda-benda langit (umumnya batuan) yang melayang dan memiliki pergerakan cepat di angkasa raya tanpa mengorbit Matahari.

Yang ketiga adalah meteor, yang merupakan meteoroid yang masuk ke dalam atmosfer Bumi dan terbakar di lapisan ini karena tertarik dengan gravitasi Bumi. Meteor terbakar di atmosfer karena adanya gesekan dengan lapisan pelindung Bumi ini.

Kita sering kali melihatnya sebagai bintang jatuh yang kehadirannya sangat menarik dan selalu ditunggu-tunggu oleh penduduk Bumi.

Yang ke-empat adalah komet. Komet hampir sama dengan asteroid. Hanya saja perbedaannya terletak pada bahan pembentuknya. Komet terbentuk dari gas dan debu yang membeku. Komet juga memiliki ekor karena itu kelihatan lebih panjang.

Terakhir adalah meteorit itu sendiri. Meteorit adalah meteor yang sudah sampai ke permukaan Bumi. Meteor yang cukup besar masih tersisa setelah terbakar di atmosfer Bumi sehingga bisa jatuh sampai ke permukaan Bumi.

Dari meteorit inilah, para ahli bisa meneliti kandungan meteoroid yang tidak mungkin diteliti secara fisik sebab masih melayang di angkasa raya. Dari sinilah juga, diketahui bahwa meteoroid / meteor / meteorit ini mengandung nikel, besi, dan batuan lain.

Baca Artikel Lainnya :

Jatuhnya meteor pernah disebut-sebut sebagai penyebab terjadinya kepunahan Dinousaurus. Hal ini diperkirakan terjadi 65 juta tahun yang lalu dan diperkirakan juga merupakan meteorit terbesar yang pernah jatuh sampai ke Bumi.

Kecepatan meteor sekitar 35-39 km per detiknya. Meteor membutuhkan setidaknya satu detik untuk bisa terbakar sepenuhnya di lapisan atmosfer Bumi.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *