Pengertian dan Definisi Metode “Silent Birth” dalam Persalinan

Pengertian dan Definisi Metode “Silent Birth” dalam Persalinan – Saat persalinan normal, umumnya ibu mendengar dang mengikuti komando dari dokter untuk mengejan dan bernapas.

Hal ini dimaksudkan agar ibu tidak bingung dengan apa yang harus dilakukan. Menurut L.Ron Hubbard dalam WebMd.com, bayi yang lahir pada lingkungan yang tenang akan melakukan lebih baik dibanding dengan bayi yang lahir pada keadaan rumah sakit yang ramai.

Untitled

Kemudian L. Ron Hubbard Dianetic : The Modern Science of Mental Health berprinsip persalinan yang diberikan perawatan maksimal di lingkungan yang tenang.

Dari prinsip tersebut kemudian lahir metode persalinan yang disebut dengan Silent Birth. Silent birth mempunyai arti persalinan yang membutuhkan ketenangan pada prosesnya.

Dalam situs scienetologynews.org, Hubbard menyebutkan bahwa lingkungan yang tenang bisa menjadi dukungan agar ibu yang sedang bersalin bisa lebih tenang. Hal ini juga menghindarkan si ibu dari rasa cemas yang dikemukakan lewat kata – kata.

Saat keadaan di lingkungan tenang, bayi juga terhidnar dari kata – kata yang sekiranya tidak baik untuk psikologi bayi.

Memang bayi sudah bisa mendengar pada tahap perkembangan telinga bayi dalam janin, tetapi masih ada tahap trimester terakhir yang bisa berpengaruh pada psikologi bayi.

Metode dengan silent birth sering dinyatakan mempunyai manfaat yang baik bagi si ibu maupun si bayi.

Metode ini tidak cocok untuk dokter yang memberikan komando saat melahirkan. Jadi pada saat proses, orang – orang yang ada di dalam harus diam.

Metode tersebut masih menjadi kontroversi karena pada umumnya ibu yang sedang melahirkan jika mengeluarkan suara dianggap sebagai sesuatu yang alamiah.

Baca Artikel Lainnya :

Jika ingin menggunakan metode silent birth, baiknya dilakukan oleh tenaga ahli yang menguasi secara fasih metode tersebut.

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *