Pengertian dan Definisi Minat

Minat merupakan sebuah kondisi dimana seseorang memiliki perhatian khusus yang disertai dengan keinginin untuk mempelajari dan juga mengetahui akan suatu hal tertentu. Minat juga dapat didefinisikan sebagai sebuah keadaan dimana seseorang membuktikan keinginan dan juga kebutuhan yang ada dalam dirinya.

a 69

Suatu minat tidak akan lepas dari keinginan dan juga kebutuhan seseorang, minat biasanya muncul tidak dengan tiba-tiba atau secara spontan, suatu minat akan muncul akibat dari partisipasi, pengalaman, dan juga kebiasaan saat sedang belajar untuk bekerja.

Minat sendiri juga muncul bukan karena sebuah paksaan melainkan karena terdapat perasaan senang yang dimiliki oleh seseorang terhadap sesuatu, karena memang sejatinya rasa suka dan juga ketertarikan akan suatu hal dan juga aktivitas tertentu muncul dari dalam diri seseorang bukan karena ada yang menyuruh untuk melakukan sesuatu, rasa yang berasal dari dalam diri seorang tersebut lah yang menjadi sebuah minat.

Pada dasarnya minat merupakan suatu penertimaan akan hubungan diri sendiri dengan sesuatu yang berasal dari luar diri kita, selain itu minat pun juga berhubungan dengan dorongan bagi seseorang untuk berhadapan dengan sesuatu hal seperti orang lain, kegiatan, benda ataupun pengalaman akibat dari rangsangan kegiatan itu sendiri.

Selain definisi tentang minat diatas, pengertian lain mengenai minat yaitu sebuah perasaan keingin tahuan untuk mempelajari, mengagumi, dan juga memiliki sesuatu. Minat juga merupakan bagian dari ranah afeksi, yang diawali dari kesadaran sampai kepada sebuah pilihan nilai.

Sesuai dengan definisi diatas dapat dikatakan bahwa minat bisa muncul akibat adanya rasa ketertarikan akan suatu hal yang sedang dilakukan atau berbentuk suatu kegiatan yang sedang dijalani.

Walaupun minat muncul bukan karena suatu paksaan, tetapi minat dapat muncul karena disebabkan oleh dorongan orang lain, dalam hal ini tentu orang lain tersebut bukan menyuruh, melainkan mereka dilihat sebagai motivasi yang membuat seseorang dapat mempunyai minat.

Jadi sebuah minat tidak dapat muncul dengan sendirinya, melainkan ada unsur kebutuhan yang terkandung didalamnya.

Minat juga merupakan sebuah sumber motivasi yang menggerakan seseorang dalam melakukan sesuatu seperti apa yang mereka inginkan seperti dalam hal untuk bebas memilih.

Jadi ketika seseorang menilai bahwa ada suatu hal yang menurut mereka dapat bermanfaat, maka hal tersebut memunculkan minat dan kemudian akan membawa kepuasan dalam dirinya.

Baca Artikel Lainnya :

Namun saat terdapat kepuasaan dalam dirinya biasanya minat seseorang akan suatu hal akan menurut hal ini yang membuat sebuah minat bukan merupakan suatu hal yang bersifat permanen melainkan bersifat sementara dan dapat berubah-ubah.

Jadi berdasarkan pengertian dan juga definisi minat yang sudah dijelaskan sebelumnya, dapat disimpulkan bahwa minat adalah motif yang berasal dari dalam diri seseorang sebagai kekuatan pembelajaran yang membuat orang tersebut melakukan sebuah kegiatan dengan tekun.

Dan kegiatan tersebut merupakan sebuah proses pembelajaran dengan kesadaran penuh dan dapat mendatangkan perasaan senang maupun suka pada orang tersebut. Oleh karena itu, minat bukan merupakan suatu hal yang ada sejak kita lahir melainkan lebiah kepada pengalaman pembelajaran.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *