Pengertian dan Definisi Moral Menurut para Ahli

Moral merupakan suatu ajaran yang berkaitan dengan sebuah budi pekerti pada manusia yang beradab, moral pun juga dapat diartikan sebagai suatu pengetahuan akan perbuatan yang baik dan buruk. Moral sendiri berasal dari bahasa latin yaitu “mores” yang berarti aturan kesusilaan.

a 70

Dalam hal ini moral diartikan sebagai pengarah dalam berkehidupan secara sopan dan juga santun. Dengan demikiran moral dapat diartikan sebagai aturan kesusilaan yang didalamnya terdapat semua norma, khususnya norma dalam bertingkah laku yang baik.

Moral selalu berhubungan dalam sebuah proses sosialisasi seseorang dengan tidak adanya moral maka manusia tidak akan mampu untuk melakukan proses sosialisasi dengan baik.

Moral tentunya merupakan sifat dasar yang harus dimiliki manusia dan sudah harus ditanamkan sejak pendidikan formal karena sejatinya moral merupakan nilai yang absolut dalam kehidupan bermasyarakat secara utuh. Moral sendiri dinilai berdasar kebudayaan masyarakat setempat.

Karena moral merupakan berkaitan dengan perbuatan atau tindakan seseorang dalam berinteraksi antar sesama, maka jika seseorang bertindak atau berprilaku yang sesuai dengan nila yang ada dalam sebuah masyarakat dan dapat diterima juga menyenangkan dalam lingkuannya maka orang itu akan dianggap memiliki moral yang baik.

Namun jika seseorang bertindak atau berprilaku sewenang-wenang yang tidak sesuai dengan norma yang ada dalam lingkungan masyarakatnya makan orang tersebut akan dicap sebagai orang dengan moral yang buruk.

Untuk lebih jelas mengerti tengan pengertian definisi moral, berikut akan disampaikan pengertan dan juga definisi moral menurut para ahli :

  • Chaplin : Menurut Chaplin moral adalah sesuatu hal yang sesuai dengan aturan yang ada dalam suatu hukum sosial dan juga suatu adar tertentu terhadap perilaku seseorang.
  • Wantah : Moral menurut Wantah merupakan sesuatu yang harus dilaksanakan atau tidak memiliki suatu hubungan dengan kemampuan untuk menyatakan siapa yang benar terhadap sebuah perbuatan baik dan buruk
  • Hurlock : Hurlock menjelaskan moral sebagai sebuah sikap sopan santun, aturan perilaku, adat istiadat yang menjadi kebiasaan bagi anggota dalam suatu budaya tertentu.
  • J.S Poerdarminta : Poerdarminta mengemukakan bahwa moral adalah ajaran dari perbuatan baik dan buruk.
  • Baron : Moral menurut baron adalah sesuatu yang terkait dengan suatu larangan dan mendiskusikan perbuatan yang benar atau salah.

Baca Artikel Lainnya :

 

  • Dewey : Dewy menjelaskan moral bahwa suatu masalah moral memeiliki keterkaitan dengan nilai-nilai moral.
  • Magnis Susino : Pengertian Moral menurut Magnis-Susino adalah moral selalu merujuk pada baiknya perbuatan seseorang, sehingga aspek moral yang memiliki manusia menjadikan sebuah kebaikan sebagai manusia.
  • Gunarsa : Menurut Gunarsa moral adalah seperangkat nilai-nilai yang mengatur perilaku seseorang dan harus dipatuhi.
  • Imam Sukardi : Pengertian moral menurut Imam Sukardi adalah kebaikan seseorang dengan langkah-langkah yang diperoleh dari aksi bersama.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *