Pengertian dan Definisi Nasionalisme Menurut Ahli

Nasionalisme merupakan terjemahan dari bahasa Inggris, Jerman, dan juga Prancis yaitu Nation atau dalam bahasa Belanda yaitu Natie yang berarti sebuah bangsa. Pengertian dari bangsa sendiri adalah sekelompok manusia yang mendiami suatu daerah tertentu dimana mereka memiliki keinginan untuk bersatu karena terdapat faktor persamaan nasib, kesamaan kepentingan dan juga tujuan.

a 71

Secara sempit nasionalisme juga dapat diartikan sebagai sebuah sikap yang meninggikan rasa kebangsaannya dan juga tidak bisa untuk mengahragai bangsa lain. Keadaan seperti itu dikenal dengan sebutan chauvinisme dimana dengan keberadaan seperti itu dapat mengakibatkan tercerai-berainya satu bangsa dengan bangsa yang lain.

Sedangkan nasionalsme secara luas dapat artikan sebagai sebuah pandangan mengenai rasa cinta yang wajar akan sebuah bangsa dan negara lalu juga dapat menghormati keberadaan bangsa lain.

Sifat nasionalisme memang perlu tertanam dalam seseorang untuk kehidupan berbangsa tentunya dengan takaran yang pas dan merasa kalau bangsa kita merupakan bangsa yang lebih baik dan lebih hebat dibandingkan dengan bangsa dan negara lainnya.

Hal ini dikarenakan dengan adanya sifat nasionalisme yang pas justru dapat menumbuhkan sikap saling mengahargai, menghormati, dan bekerja sama dengan bangsa yang lain.

Selain itu dengan memiliki sifat nasionalisme sendiri, jika dikatikan secara politis merupakan bentuk dari kesadaran nasional yang memiliki cita-cita dan menjadi alat pendorong suatu bangsa dalam membangun dirinya sendiri ataupun lingkungan masyarakat, bangsa, dan juga negaranya.

Untuk lebih jelasnya berikut akan dikemukakakn pengertian Nasionalisme menurut para ahli :

  • Otta Bauar : Menurut Otto Bauar nasionalisme adalah suatu persatuaan yang terjadi karena persamaan nasib
  • Ernest Renan : Renan menjelaskan nasionalisme merupakan suatu keinginan untuk bernegara dan bersatu
  • Stoddard : Pengertian nasionalisme menurut L.Stoddard adalah kepercayaan dari sebagian individu yang menyatakan rasa kebangsaanya dalam sebuah bangsa.
  • Hans Kohn : Nasionalisme menurut Hans Kohn adalah suatu bentuk yang timbul karena kesadaran nasional berbangsa dan juga bernegara. Lalu kesadaran itulah yang membuat sebuah negara.

Baca Artikel Lainnya :

  • Louis Snyder : Menurut Louis, nasionalisme merupakan hasil dari gabungan beberapa faktor seperti intelektual, ekonomi, politik, dan juga sosial.
  • Hertz : Dr.Hertz mengemukakan terdapat empat unsur dalam nasionalisme yaitu adanya hasrat dalam mencapai kesatuan, lalu keinginan untuk mendapatkan kemerdekaan, keinginan dalam mencapai keaslian, dan juga hasrat dalam mencapai kehormatan sebuah bangsa.

    Dari empat unsur tersebut dapat disimpulkan bahwa nasionalisme merupakan keadaan dimana adanya kelompok manusia yang memiliki cita-cita untuk mengikat warga negara menjadi satu kesatuan, lalu juga dapat dikatakan bahwa sekolompok manusia tersebut mempunyai adat, budaya maupun kebiasaan yang sama, lalu juga mereka bertempat dalam suatu wilayah tertentu yang bisa dikatakan sebagai kesatuan wilayah dan memiliki suatu pemerintahan yang berdaulat yang membuat mereka terikat menjadi suatu masyarakat hukum.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *