Pengertian dan Definisi Norma Menurut para Ahli

Norma merupakan suatu pedoman perilaku dalam rangka keberlangsungan kehidupan bersama dalam suatu kelompok masyarakat. Norma adalah petunjuk atau juga sebagai acuan benar atau salahnya sebuah perilaku yang dilakukan saat sedang melakukan interaksi sosial dalam suatu masyarakat.

f 76

Terdapat berbedaan antara noema dan juga nilai dimana perbedaan tersebut didasar oleh norma yang memiliki sanksi sosial baik berupa penghargaan bagi yang mematuhi suatu norma ataupun hukuman bagi orang yang melanggar suatu norma.

Norma juga dapat disebut sebagai peraturan sosial. Hal ini disebabkan karena norma memiliki sifat memaksa yang membuat seluruh masyarakat harus dapat berperilaku sesuai dengan norma-norma yang telah ada. Sebagai contoh adalah bagaimana kita harus menghormati orang yang lebih tua dari kita, dan lain sebagainya.

Norma sendiri sebenarnya adalah hasil dari ciptaan manusia sebagai makhluk sosial. Pada awalnya suatu norma terbentuk secara tidak sengaja, lalu secara kelamaan norma-norma tersebut akhirnya dibentuk dan juga disusun secara sadar.

Norma yang ada dalam suatu kehidupan bermasyarakat memuat tata tertib, aturan, juga petunjuk mengenai standar bagaimana seseorang harus berperilaku yang sesuai atau sewajarnya.

Selain pengertian norma yang telah dijelaskan diatas, terdapat juga pendapat yang dikemukakan oleh ahli mengenai pengertian normal. Berikut adalah pengertian norma yang sampaikan para ahli :

  1. Broom dan Selznic : Pengertian norma yang dijelaskan oleh Broom & Selznic adalah suatu rancangan yang memiliki sifat ideal dari perilalu manusia dimana didalamnya terdapat batasan-batasan bagi suatu anggota masyarakatnya dalam mencapai tujuan hidup yang sejahtera.
  2. John J. Macionis : Norma menurut John J. Macionis merupakan segala aturan juga harapan masyarakat yang merupakan panduan bagi anggota masyarakat dalam berperilaku,
  3. Antony Giddens : Giddens menjelaskan bahwa norma adalah suatu prinsip ataupun aturan yang nyata dan juga jelas dimana setiap masyarakat harus memperhatikan norma tersebut.
  4. Soerjono Soekanto : Pengertian norma yang dikemukakan oleh Soerjono Soekanto adalah suatu perangkat dimana hal tersebut sengaja dibuat agar suatu hubungan dalam masyarakat bisa berjalan seperti apa yang di cita-citakan.
  5. Bellebaum : Menurut Bellebaum norma adalah suatu alat yang digunakan untuk dapat mengatur individu maupun kelompok dalam suatu masyarakat agar dapat berperilaku ataupun bertindak sesuai dengan sikap dan juga keyakinan tertentu yang ada di masyarakat.
  6. Nurdiaman : Nurdiaman menjelaskan norma sebagai sebuah bentuk tatanan hidup di mana didalamnya memuat aturan-aturan dalam berhubungan di masyarakat.
  7. Marvin E.Shaw : Pengertian norma yang disampaikan oleh Marvin E.Shaw adalah norma merupakan peraturan yang mengatur segala tingkah laku manusia dan ditegakkan oleh anggota masyarakat.
  8. Utrecht : Norma menurut pendapat yang dikemukakan E.Utreecht adalah segala bentuk petunjuk hidup dimana didalamnya mengatur berbagai tata tertib dalam suatu  masyarakat dan peraturan tersebut harus dipatuhi oleh seluruh masyarakat dan akan ada tindakan dari pemerintah bagi yang melakukan pelanggaran terhadap suatu norma yang ada.

Sekian uraian mengenai Pengertian dan Definisi Norma Menurut para Ahli, semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *