Pengertian dan Definisi Pancasila Sebagai Dasar Negara

Pengertian dan Definisi Pancasila Sebagai Dasar Negara – Pancasila adalah sebuah dasar negara yang dimiliki oleh negara Republik Indonesia, pancasila juga dikenal sebagai dasar falsafah negara dan juga ideologi negara.

Dalam penggunaanya, Pancasila merupakan sebuah dasar dalam pemerintahanan negara Republik Indonesia. Pancasila juga digunakan sebagai dasar dalam mengatur seluruh penyelnggaraan negara Rebublik Indonesia.

Untitled

Dalam pembukaan UUD 1945 Aliena ke-4 jelas digambarkan jika Pancasila adalah dasar negara Republik Indonesia, berikut adalah bunyi dari Pembukaan UUD 1945 Aliena ke-4 tersebut :

 Kemudian dari pada itu untuk dapat membentuk suatu pemerintahan negara Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia serta seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, serta ikut dalam melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi serta keadilan sosial maka disusunlah kemerdekaan kebangsaan Indonesia itu dalam suatu Undang-Undang suatu Dasar Negara Indonesia yang berbentuk dalam suatu susunan negara Republik Indonesia yang berkedaulatan rakyat dengan berdasarkan kepada            Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan yang adil serta beradab, Persatuan Indonesia, serta Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan, serta untuk mewujudkan suatu Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Sebagai dasar negara Republik Indonesia, Pancasila digunakan agar mampu untuk mengatur segala tatanan kehidupan negara Republik Indonesia.

Yang dimaksud dalam hal ini adalah semua yang memiliki hubungan dengan pelaksanaan kenegaraan harus selalu berlandaskan Pancasila. Selain itu dalam seluruh pembentukan suatu peraturan dan juga peraturan yang telah berlaku di negara Republik Indonesia juga harus belandaskan kepada Pancasila.    

Sebagai dasar negara Republik Indonesia, Pancasila memiliki fungsi utama sebagai sumber dari segala sumber hukum di negara Repbulik Indonesia, yang membuat peraturan perundang-undangan yang ada di negara Republik Indonesia haruslah berlandaskan kepada Pancasila dan tidak boleh bertentangan dengan Pancasila. Adapun fungsi-fungsi lain dari Pancasila adalah sebagai berikut :

  1. Sebagai asas kerohanian tertib hukum bagi negara Republik Indonesia
  2. Sebagai suasana kebatinan dari Undang Undang Dasar
  3. Merupakan cita-cita hukum bagi hukum dasar negara Republik Indonesia
  4. Merupakan pandangan hidup bagi masyarakat Indonesia.
  5. Merupakan jiwa dari bangsa Indonesia
  6. Merupakan kepribadian bangsa Indonesia, dalam hal ini Pancasila lahir bersamaan dengan lahirnya Negara Kesatuan Republik Indonesia dimana hal tersebut menjadikan suatu ciri khas yang dimiliki oleh bangsa Indonesia dalam berprilaku yang membedakan bangsa Indonesia dengan bangsa lainnya.
  7. Merupakan perjanjian luhur, dalam hal ini Pancasila sudah disepakati secara nasional pada tanggal 18 Agustus 1945 dalam sidang PPKI dimana pancasila disepakatkan untuk menjadi dasar negara Repbulik Indonesia.
  8. Merupakan ideologi dari Bangsa Indonesia
  9. Merupakan falsafah hidup yang menyatukan Bangsa Indonesia
  10. Sebagai dasar untuk mewujudkan cita-cita dan juga tujuan yang ingin diraih oleh bangsa Indonesia, adapun cita-cita tersebut adalah dapat terciptanya masyarakat yang adil serta makmur dan juga terpenuhnya segala materi dan spiritual.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *