Pengertian dan Definisi Partisipasi Masyarakat

Secara umum pengertidan dari partisipasi masyarakat adalah keterlibatan seseorang atau pun suatu kelompok (masyarakat) secara aktif dalam berkontribusi dengan sukarela pada sebuah program pembangunan, seperti terlibat dalam hal perencanaan, pelaksanaan, monitoring dan juga sampai evaluasi.

a 74

Pengertian Partisipasi Masyarakat yang dikemukakan oleh Ach. Wazir merupakan keterlibatan seseorang yang dilakukan secara sadar di dalam sebuah interaksi sosial pada situasi tertentu.

Dengan demikian, seseorang dapat terlibat apabila orang tersebut telah melalu beberapa proses dengan orang lain, yang dimaksud dalam hal ini seperti nilai, perasaan, kesetiaan, tradisi, tanggung jawab bersama, dan kepatuhan.

Lalu partisipasi masyarakat menurut Isbandi adalah sebuah ikut serta yang dilakukan oleh masyarakat dalam sebuah proses identifikasi masalah dan potensi yang masyarakat miliki, seperti dalam hal pemilihan umum, pengambilan keputusan mengenai sebuah solusi alternatif untuk menangani persoalan tertentu, pelaksanaan usaha-usaha dalam mengatasi permasalahan, dan juga keterlibatan masyarakat dalam mengevaluasi terhadap perubahan yang terjadi.

Pengertian lain mengenai partisipasi masyarakat seperti yang disampaikan oleh Seotrisno yang mendefinisikan partisipasi masyarakat menjadi dua jenis. Yang pertama yaitu partisipasi rakyat dalam pembangunan, dalam hal ini masyarakat menjadi orang yang mendukung terhadap suatu proyek atau rencana pembangunan yang ada.

Tingkatan dari tinggi atau rendahnya partisipasi masyarakat dalam hal ini dapat diukur dari keinginan rakyat untuk mau bertanggung jawab dalam memberikan biaya terhadap pembangunan, baik secara mareri ataupun jasa dalam melaksanakan pembangunan tersebut.

Jenis definisi yang kedua mengenai partisipasi masyarakat adalah bentuk kerja sama yang kuat antara perencana dalam hal ini pemerintah dan juga masyarakat, berbeda dengan definisi pertama yang lebih menjelaskan tentang bantuan untuk membangun suatu proyek dalam definisi yang kedua ini lebih menekankan pada  pelestarian ataupun pengembangan terhadap suatu pembangunan yang sudah terlaksana ataupun selesai,

Adapun definisi lain yang dikemukakan oleh Conyers mengenai partisipasi masyarakat yaitu partisipasi masyarakat merupakan suatu alat dalam mendapatkan sebuah informasi tentang kebutuhan, kondisi, dan juga sikap masyarakat setempat, karena jika tidak ada partisipasi dari masyarakat tersebut akan terdapat kemungkinan kalau suatu proyek pembangunan tidak akan berjalan dengan lancar.

Lalu Conyers juga menjelaskan bahwa masyarakat akan dapat mempercyai suatu program pembangunan jika mereka turut dilibatkan dalam proses dari pembangunan tersebut mulai dari awal, karena dengan dilakukannya hal tersebut mereka akan lebih tahu mengenai maksud dari proyek pembangunan tersebut. Selain itu, dengan adanya partisipasi masyarakat, bisa menunjukan suatu demokrasi yang baik.

Baca Artikel Lainnya :

Selain definisi-definisi diatas, ada lagi definisi dari partisipasi masyarakat menurut Mikkelsen yang dibagi menjadi beberapa pengertian, yaitu :

  1. Partisipasi adalah bentuk dari kontribusi secara sukarela dari masyarakat terhadap suatu proyek pembangunan tanpa ikut serta dalam sebuah pengambilan keputusan.
  2. Partispasi adalah bentuk dari pemekaan masyarakat dalam meningkatkan keinginan mereka untuk menerima dan juga kemampuan untuk mengeti terhadap suatu proyek pembangunan.
  3. Partisipasi adalah keterlibatan yang bersifat sukarela yang dilakukan oleh masyarakat dlam suatu perubahan yang ditentukan oleh mereka sendiri.
  4. Partisipasi merupakan proses yang aktif, dalam artian bahwa seseorang ataupun kelompok yang terkait, mempunyai inisiatif dan menggunakan kebebasan mereka untuk terlibat dalam suatu proyek pembangunan.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *