Pengertian dan Definisi Pasar Global

Pengertian dan Definisi Pasar Global – Pemasaran global adalah pemasaran yang dilakukan masyarakat dengan sekala internasional.

Peluang pasar global adalah terbuka untuk umum, semua pelaku usaha yang memiliki ide kreatif dan terus menghasilkan inovasi – inovasi baru untuk mengembangkan pasar.

pengebang

Pelaku bisnis diwajibkan tangguh menghadapi semua tantangan sesuai pekembangan pasar global. Bagi mereka yang tangguh kesulitan seperti apapun akan mereka jadikan sebagai cambuk untuk semakin berkembang bisnisnya.

Pasar global memiliki 2 manfaat :

  1. Peluang bermanfaat untuk pertumbuhan dan ekspansi
  2. Untuk terus bertahan hidup

Ada beberapa hal yang dapat menghambat dan mendorong terjadinya pasar global :

Hal menghambat : adanya perbedaan asar, kendali nasional, kecadokan manajemen, budaya organisasi.

Hal mendorong : transportasi, biaya kebutuhan pasar, perdamaian global, peluang, pertumbuha ekonomi, kualitas.

konsep – konsep pasar global :

  1. Permintaan , Kebutuhan dan keinginan

Kebutuhan merupakan sebuah keadaan yang harus dipenuhi seperti apapun keadaanya, karena hal tersebut sudah ada dalam diri manusia bukanlah sesuatu yang dibentuk oleh masyarakat.

Keinginan adalah sebuah keadaan yang dibentuk oleh lingkungan. Permintaan merupakan sebuah keinginan yang didukung oleh daya beli. Sebuah keinginan menjadi permintaan jika didukung dengan daya beli.

  1. Produk

Produk merupakan sesuatu yang ditawarkan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan serta permintaan pelanggan, bentuknya bisa berupa produk fisik maupun jasa.

  1. Biaya, kepuasan dan nilai

Biaya, kepuasan dan nilai  adalah salah satu yang menjadi pertimbangan pelanggan untuk memebeli produk sesuai kebutuhan.

Dengan begitu para pelanggan dapat menentukan apakah produk tersebut cocok dan harus di beli atau tidak.

  1. Pertukaran, transaksi dan hubungan

Ketika seseorang ingin memperoleh sebuah produk bisa jadi mereka akan melakukan pertukaran untuk mendapatkannya dengan sebuah jaminan.

Jika mereka sudah melakukan negosiasi maka terjadi transaksi dan terjalin sebuah hubungan antara kedua belah pihak.

  1. Pasar

Pasar merupakan tempat terjadinya transaksi jual beli yang dilakukan oleh para pembeli dan penjual.

  1. Pemasaran dan pemasar

Pemasaran merupakan cara yang dilakukan oleh pemasar untuk menawarkan produknya kepada calon pembeli. Sedangkan pemasar sendiri adalah pihak yang melakukan pemasaran.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *