Pengertian dan Definisi Pemanasan Global

Pengertian dan Definisi Pemanasan Global – Saat ini pasti Anda sering mendengar pemanasan global. Sebenarnya pemanasan global memiliki arti proses dari meningkatnya suhu atmosfer, daratan bumi, hingga laut. Suhu global yang berada di bumi meningkat selama kurang lebih seratus tahun terakhir ini. Temperatur global yang sejak pertengahan di abad ke 20 pun di sebabkan karena meningkatnya konsentrasi gas rumah kaca yang diakibatkan oleh segala aktivitas yang dilakukan manusia.

1

Meningkatnya suhu ini juga diperkirakan akan mampu menyumbangkan berbagai perubahan seperti:

  • Naiknya permukaan yang berada di laut,
  • Meningkatnya intensitas dari cuaca yang sangat ekstrim. Ini seperti musim hujan dan musim kemarau yang saat ini kurang bisa di tebak kedatangannya,
  • Berubahnya jumlah, pola presipitasi,
  • Cuaca semakin hari menjadi semakin panas, bahkan malam menjadi lebih dingin.

Akibat dari pemanasan global memang lebih mengarah pada hasil-hasil seperti pertanian, karena seperti yang kita ketahui, pola penanaman di lahan pertanian ini bergantung dengan adanya musim. Selain dari segi pertanian, saat ini gletser pun juga telah mulai menghilang. Padahal gletser ini ialah salah satu sumber air bersih yang berada di bumi, hewan pun juga semakin lama semakin punah karena tidak bisa bertahan pada cuaca yang sangat ekstrim.

Sebenarnya apa yang menjadi penyebab pemanasan ini? Sumber energi terbesar yang dimiliki oleh bumi ialah matahari. Sebagian energi memang dalam radiasi gelombang yang amat pendek, termasuk pula cahaya tampak. Bila energi ini mengenai permukaan yang ada di bumi ia akan berubah menjadi panas dan akan menghangatkan bumi, dan permukaan bumi pun akan menyerap sebagian besar panas.

Sebagian panas ini mampu memantul radiasi infra merah dan membentuk gelombang panjang ke angkasa, tapi sebagian besar juga masih tinggal di dalam atmosfer, ini diakibatkan karena menumpuknya gas rumah kaca.

Sebenarnya gas ini sangat berfungsi untuk bumi karena tanpa adanya efek rumah kaca otomatis bumi akan berubah sangat dingin, namun semakin meningkatnya gas yang satu ini di dalam atmosfer, tidak bisa di hindari, panas yang masuk dalam bumi juga semakin banyak. Jika hal ini terus di biarkan, semakin lama bumi pun akan menjadi semakin panas.

Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk menanggulangi pemanasan global ini, seperti:

  • Mulai mengontrol penggunaan CFC. CFC ini biasanya ada di kulkas atau AC,
  • Mengontrol polusi kendaraan, polusi kendaraan ternyata juga menyumbangkan dampak pada pemanasan global, gas ini mampu menangkap panas sehingga panas tidak mampu keluar dari bumi,
  • Menghindari polusi metana. Gas metana sebenarnya juga menyumbang dalam pemanasan global. Biasanya polusi ini berada di lahan perkebunan, pertanian,
  • Mulai gencar melakukan reboisasi, cara yang paling ampuh untuk jangka panjang dengan melakukan reboisasi.

 

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *