Pengertian dan Definisi Radiasi Adaptif dan Contohnya

Pengertian dan Definisi Radiasi Adaptif dan Contohnya – Makhluk hidup yang ada di bumi telah mengalami evolusi yang panjang. Evolusi merupakan sebuah perupahan struktur mahkluk hidup dari bentuk sederhana ke bentuk yang lebih kompleks dan terjadi dalam jangka waktu yang lama.

1

Terdapat banyak pakar yang menyatakan teori mengenai evolusi mahkluk hidup salah satunya adalah Charles Darwin yang menjelaskan detail evolusi karena seleksi alam.

Pada dasarnya, teori evolusi adalah perpaduan dari ide atau gagasan dan suatu fakta atau kenyataan. Terdapat 2 macam evolusi yang dikenal hingga saat ini yaitu:

  • Evolusi progresif adalah evolusi yang menuju pada kemungkinan makhluk hidup dapat bertahan hidup atau survive
  • Evolusi regresif atau retrogresif adalah evolusi menuju pada suatu kemungkinan menjadi punah.

Selain Charles Darwin (1809-1892), terdapat beberapa tokoh dengan teori evolusinya, diantaranya yaitu:

  • Alfred Wallace (1823-1913) memiliki konsep yang sama dengan pendapat yang dikemukakan oleh Darwin
  • Jean Baptise Lamark (1744-1829) merupakan seorang ahli biologi asal Perancis yang menuliskan ide tentang evolusi dalam buku yang berjudul Philosophic Zoologique yang diantaranya berisi tentang ciri atau sifat yang didapat akan diwariskan ke keturunannya.
  • Sir Charles Lyell (1797-1875) merupakan ahli Geologi asal Inggris dengan buku tentang prinsip geologi yaitu Principles of Geology (1930) tentang batuan, pulau, benua yang selalu mengalami perubahan.

Sebelum mengemukakan mengenai teori evolusi yang dikenal hingga saat ini, Charles Darwin melakukan sebuah penelitian untuk memastikan jika teorinya benar. Penelitiannya dilakukan di Kepulauan Galapagis, Kepulauan Pasifik di barat Equador.

Setelah tiba tahun 1834, Darwin meneliti beberapa species salah satunya yaitu burung finch. Di Kepulauan yang memiliki kondisi lingkungan yang berbeda ini, Darwin mengamati 13 jenis atau species dari burung finch dan menemukan banyak kemiripan dengan 1 species burung finch yang ada di Amerika Serikat yang berjarak sekitar 1000 mil dari Kepulauan Galapagos.

Perbedaan terjadi karena makanan yang ada di tempat dengan kondisi lingkungan yang berbeda. Proses adaptasi tersebut dikenal dengan radiasi adaptif.

Sehingga, radiasi adaptif adalah suatu penyebaran dari suatu species ke lingkungan yang menyebabkan species tersebut harus melakukan adaptasi terhadap lingkungan yang baru dan menimbulkan beberapa species yang baru.

Dari penelitian yang dilakukan Darwin di Galapagos, species yang ada di Kepulauan tersebut, perbedaan burung finch di Galapagos dan di Amerika Serikat terletak pada besar, bentuk paruh, kebiasaan makan dan kelakuan burung.

Selain burung finch di Galapagos, contoh lainnya tentang radiasi adaptif dapat Anda lihat pada ikan cichlidae yang ada di Afrika. Ikan tersebut dapat ditemukan di Danau Tanganyika, Malawi dan danau Victoria yang ada di Afrika.

Beberapa jenis ikan cichlidae yang mengalami radiasi adaptif yaitu pundamilia nyererei dan Metriaclima Zebera yang dapat ditemukan di Danau Victoria dan danau Malawi. Jenis Cichlid Neotropical yang termasuk dalam cichlid Afrika memiliki lebih dari 600 species dengan 60 genera. Jenis dari ikan tersebut dapat juga ditemukan di Amerika Selatan dan Amerika Tengah dan ikan yang termasuk dalam Neotropical diantaranya yaitu Loricariidae dan Characidae.

Selain hewan, contoh dari radiasi adaptif adalah keluarga. Mulai dari kakek nenek yang kemudian melahirkan anak-anaknya dan kemudian berpindah ke tempat lain, manusia akan beradaptasi dengan lingkungan barunya misalnya dengan keluarga barunya dan pekerjaan yang dimiliki.

Dari beberapa faktor yang ada di lingkungan baru dan keadaan baru termasuk karena beban pikiran, akan membuat manusia menjadi berubah dan berbeda walaupun sebelumnya berasal dari tempat dan asal yang sama.

 

Baca Artikel Lainnya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *