Pengertian dan Definisi Remidiasi  

Remidiasi memiliki pengertian yang tak lain ialah suatu proses untuk membersihkan kondisi lingkungan yang terbebas dari pencemaran. Pada biasanya, langkah ini diterapkan untuk membersihkan kondisi tanah yang tercemar atas suatu zat yang berbahaya nan beracun pada tubuh ataupun lingkungan sekitar. Sehingga, pada proses ini bisa dikatakan sebagai pemulihan suatu kondisi dari area tertentu akibat dari pencemaran yang terjadi.

1

Sebagai salah satu proses pembersihan lingkungan, remidiasi ini dapat dibedakan menjadi beberapa jenis, seperti:

  • Remidiasi biologi yang termasuk pada proses bioventing, biofilter dll.
  • Remidiasi kimia yang melingkupi pada ekstraksi kimia dan solidifikasi.
  • Remidiasi fisik yang mencakup pada pemberian tempat tertentu pada komponen kimia yang terdapat di suatu area dan isolasi.

Tanah dan air merupakan target yang seringkali digunakan untuk penerapan dari proses remidiasi ini. Akan tetapi, tak sedikit pula yang menerapkannya untuk keperluan yang lainnya. Pada proses remidiasi ini pun bisa dibedakan menjadi dua tipe, yaitu:

  • Remidiasi in situ atau yang disebut juga dengan on site. Proses ini ialah suatu langkah pembersihan target yang berada di lokasi yang bersangkutan. Pada proses pembersihan ini jauh lebih murah dan mudah.
  • Remidiasi off site atau ex situ yang merupakan suatu pembersihan area dengan melakukan penggalian pada tanah tersebut. Pada langkah ini, tanah yang diambil untuk menghindari zat beracun itu diletakkan pada wadah khusus yang tertutup rapat, sehingga zat berbahaya itu tak menyebar kemana-mana. Setelah itu, ditambahkan suatu cairan yang disebut dengan zat pembersih ke dalamnya. Tujuan dari proses ini untuk melakukan pengolahan limbah atas zat beracun tersebut. Pada langkah ini, jauh lebih sulit dan mahal, bahkan memerlukan suatu tempat penampungan khusus.

Pada kajian yang lebih lanjut, proses remidiasi ini mencangkup pada proses pembersihan suatu lahan atau area dari adanya pencemaran. Akan tetapi, pada area yang tercemar ini mencakup pada beberapa sebab berikut ini, yaitu:

  • Terdapat sampah organik pada air, sehingga terjadi peningkatan kadar oksigen di dalamnya. Pada peristiwa ini terjadi suatu kerusakan pada lingkungan air tersebut.
  • Adanya pembuangan limbah yang dilakukan oleh beberapa industri, sehingga air dan tanah yang berada di sekitarnya terkena pencemaran.
  • Terdapat peningkatan pada kandungan nutrien yang terjadi di eutrofikasi.

Beberapa pencemaran tersebut, mudah saja terjadi pada air dan tanah. Sehingga, memang harus dilakukan proses pembersihan atau yang disebut dengan proses remidiasi. Dimana pada proses ini, mampu menjadikan komponen tersebut aman dan terbebas dari unsur yang dapat membahayakan lingkungan sekitar. Entah itu pada kerusakan tanah hingga pada area sekitarnya. Pada peristiwa lain, bisa terjadi pula pada pencemaran air yang disebabkan oleh beberapa tindakan manusia. Biasanya terjadi pada lingkungan air danau, lautan, sungai hingga air tanah.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *