Pengertian dan Definisi Sel

Sel adalah sebuah organisme terkecil sebagai penyusun makhluk hidup. Dalam tubuh manusia bisa terdpat ribuan bahkan jutaan sel yang mnyusun tubuh, begitu juga makhluk lain. Sel ditemukan pertama kali pada 1665 oleh Robert Hooke menggunakan mikroskop.

Para ilmuan kemudian berlomba-lomba melakukan penelitian tentang sel, sehingga lahirlah cabang ilmu baru dalam dunia biologi, yaitu biologi sel.

q 15

Para ilmuan kemudian bersepakat tentang definisi sel. Secara biologi sel adalah unit terkecil sebuah unsure kehidupan yang tersusun dari protoplasma dan diselimuti oleh membrane tipis dan mampu mengembang-biakkan secara mandiri maupun seksual.

Berdasarkan hal ini, maka virus dan lainya tidak digolongkan dalam makhluk hidup karena tidak memenuhi sarat tersebut.

Macam-macam sel

Secara umum, jenis sel dibagi menjadi dua berdasar pada ada ataut idaknya membrane inti. Jenis pertama adalah sel eukariotyaotik, sel yang mempunyai membrane inti, dan jenis kedua adalah sel prokariot yang tidak mempunyai membrane inti.

Klasifikasi inilah yang membagi cabang makhluk hidup, mulai dari bakteri, eubacteria dan archaebakteria.

Pengertian sel

Tubuh manusia tersusun dari berbagai sel hewan yang membentuk koloni dan bergabung kemudian membentuk jaringan organ.

Sel hewan adalah sel yang mempunyai membrane sel dan protoplasma tapi tidak dapat melakukan fotosintesis. Selain itu sel hewan juga tidak mempunyai dinding sel dan termasuk heterotof.

Sel merupakan sebuah unit yang menjadi tempat dasar bagi kehidupan. Sehingga semua fungsi dasar kehidupan diatur dan berjalan dalam sel. Makhluk hidup tersusun dari sel yang banyak, maka disebut sebagai makhluk multi selular. Sedangkan, organisme kecil seperti microorganism disebut uniselular karena hanya mempunyai satu sel saja.

Pengertian sel hewan multiselular

Secara umum, struktur sel hewan disusun dari protoplasma dan membrane sel. Dalam protoplasma terdapat inti sel dan sitoplasma, juga anak inti sel. Dalam sitoplasma ditemukan organel seperti lisosom, ribosom, dan lainnya.

Kebanyakan sel hewan ini juga tidak mempunyai dinding sel namun memiliki selaput sel. Selain organel ini, masih ada sel hewan lain yang mempunyai susunan seperti rangka yaitu situs keleton, flagella, salah satu contohnya adalah sel sperma.

Pengertian sel tumbuhan

Tumbuhan juga tersusun dari sel-sel yang kemudian terikat dalam jaringan lalu membentuk tumbuhan. Sel tumbuhan adalah sel yang mempunyai dinding sel, protoplasma dan dinding sel yang terbentuk dari selulosa pada sitoplasmanya sehingga bisa melakukan fotosintesis. Sel tumbuhan dapat memproduksi makan sendiri dengan bantuan matahari.

Susunan sel tumbuhan dari yang terluar adalah terdapat dinding sel yang tebal namun masih terdapat celah sebagai tempat masuknya zat makanan. Lapisan selanjutnya adalah membrane sel, lalu kemudian terdapat organel-organel seperti selhewan.

Perbedaannya adalah, vakuola pada sel hewan terlihat kecil namun jumlahnya banyak, sedangkan pada sel tumbuhan jumlahnya hanya satu namun sangat besar dan terletak di tengah.

Pengertian sel bakteri

Secara sederhana, sel bakteri adalah kelompok sel prokariot. Sel bakteri mempunyai dinding sel namun tidak mempunyai membrane inti dan organel lainnya kecuali mesosom dan ribosom.

Meskipun sel bakteri mempunyai dinding sel, namun struktur susunannya sangat berbeda sekali dengan sel tumbuhan. Yang membedakan adalah, pada dinding sel bakteri mempunyai kandungan peptidoglikan.

Perbedaan peptidoglikan dalam dinding sel kemudian memecah bakteri menjadi bakteri gram positif dan gram negatif.

Baca Artikel Lainnya :

Bentuk sel bakteri juga berbagai macam, ada yang berbentuk batang (basil), spiral dan bulat. Seperti yang sudah dijelaskan, bakteri tidak mempunyai membrane inti sehingga inti sel terletak secara menyebar pada sitoplasma.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *