Pengertian dan Definisi Seni Tari Menurut Beberapa Ahli

Banyak orang yang akan bingung kita dihadapkan dengan pertanyaan “Apakah seni tari itu ?”. Padahal banyak sekali seni tari yang sering kita jumpai dalam keseharian kita, seperti yang kita sering lihat di TV ataupun pementasan seni, khususnya yang berbau tradisional. Oleh karena itu, pada artikel ini akan penulis bahas tentang pengertian dan definisi tari menurut beberapa ahli.

f 77

Sebelum kita melihat definisi seni tari dari beberapa ahli, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu pengertian seni tari secara umum. Secara umum definisi dari seni tari merupakan unsur dari kesenian yang berupa sebuah ekspresi perasaan yang dituangkan dalam bentuk gerakan.

Dalam seni tari sendiri ada unsur lain yang digunakan selain gerakan, yaitu irama. Irama dalam seni tari merupakan susunan tempo dalam gerak. Karena sifat dari seni tari yang bersifat aktivitas ritmis ini maka perlu ada keserasian antara gerakan dengan irama. Dengan aktivitas ritmis tersebut maka akan lebih terlihat arti atau pesan yang kerap ingin disampaikan.

Setelah mengetahui definisi secara umum, berikutnya akan dijelaskan pengertian seni tari menurut beberapa ahli. Berikut adalah definisi seni tari yang dikemukakan oleh beberapa ahli :

1. Aristoteles

            Menurut Aristoteles, seni tari adalah suatu gerakan ritmis yang mampu menghadirkan karakter manusia saat bertindak.

2. Kamaladevi Chattopadhaya

            Definisi seni tari menurut Kamaladevi Chattopadhaya adalah suatu desakan perasaan manusia yang berasal dari di dalam diri mereka yang membuat seseorang untuk mencari ekspresi dari perasaan tersebut dengan berupa gerak-gerak yang ritmis

3. Irmgrad Bartenieff dan Forrestine Paulay

            Menurut Irmgrad Bartenieff dan Forrestine Paulay, seni tari merupakan bentuk seni ekspresionostis yang menggambarkan reaksi jiwa seseorang terhadap sebuah konflik dan masalah di dunia modern.

4. Soeryodiningrat

            Soeryodiningrat menjelaskan bahwa seni tari adalah gerak anggota tubuh yang serasi dengan musik yang diatur sesuai dengan tujuan dari gerakan tari tersebut.

5. La Mery

            Pengertian seni tari yang dikemukakan oleh La Mery yaitu seni tari merupakan bentuk ekspresi simbolis dalam wujud yang lebih tinggi dan harus diimplementasikan dalam bentuk ekspresi yang nyata.

Demikian uraian tentang Pengertian dan Definisi Tari Menurut Ahli, semoga artikel ini bermanfaat.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *