Pengertian dan Definisi Simbol

Pengertian dan Definisi Simbol – Simbol adalah gambar yang digunakan untuk mendukung teks, membuat makna yang lebih jelas, dan lebih mudah untuk dipahami.

Kata simbol dalam bahasa latin yaitu symbolium, dalam bahasa inggria symbol. Kata simbol berasal dari bahasa yunani yaitu symbolon (symballo) yang berarti bermakna, memberi kesan atau menarik kesimpulan.

Untitled121112345

Kata simbol ini memiliki beberapa pengertian yaitu sebagai berikut:

  1. Simbol adalah sesuatu yang biasanya merupakan tanda yang terlihat untuk menggantikan gagasan atau objek tertentu
  2. Tanda konvensional yaitu sesuatu yang dibangun masyarakat atau seseorang dengan arti tertentu yang sebelumnya sudah disepakati oleh masyarakat. Arti simbol dalam konteks ini sering berlawanan dengan tanda alamiah
  3. Sesuatu yang diberikan arti dengan persetujuan umum dan atau dengan kesepakatan atau kebiasaan. Misalnya lampu lalu lintas
  4. Tanda atau isyarat, yang digunakan untuk mewakili sesuatu yang lain seperti arti, kualitas, gagasan dan objek

Aspek simbolik dalam budaya adalah bahasa tetapi simbol juga bisa digunakan dalam agama, politik, seni, sastra,  dan ilmu.

Simbol adalah dasar untuk pembangunan etnis, dan identitas nasional. Simbol adalah cara utama manusia menciptakan makna, mengklasifikasikan pengetahuan, mengekspresikan emosi dan mengatur masyrakat.

Kemampuan manusia adalah untuk menafsirkan simbol misalnya suatu kondisi dimana kita dapat membedakan arti dari kedipan mata dan berkedip.

Meskipun gerakan keduanya dilakukan dengan cepat arti dari kedipan mata adalah sikap yang memberikan kode  melalui isyarat untuk tidak memberitahukan sesuatu dan arti dari berkedip adalah mata yang sedang berkedut.

Perbedaanya sangat terlihat tetapi sepenuhnya adalah simbolik. Karena simbol merupakan hal yang dasar untuk pemikiran dan interaksi manusia, itu menjadi perhatian ilmu sosial dan kognitif terutama antropologi dan linguistik meskipun juga dipelajari dalam sosiologi, psikologi dan filsafat.

Simbol juga digunakan dalam ilmu politik dan ekonomi walaupun penggunaannya tidak terlalu banyak

Baca Artikel Lainnya :

Simbol  berguna untuk mengungkapkan konsep yang tak terlukiskan, ide ide yang abstrak dan makna emosional yang sangat kompleks yang sulit untuk dikatakan. Karena simbol dapat meringkas banyak hal.

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *