Pengertian dan Definisi Simpati?

Simpati merupakan kata yang berasal dari bahasa Yunani yaitu Sympatheia yang berarti memiliki perasaan yang sama. Dalam hal ini simpati merupakan kemampuan untuk ambil peran dengan perasaan orang lain khususnya dengan perasaan orang lain yang sedang menderita karena perasaan simpati ini dilandasi oleh kemampuan yang berkaitan dengan perhatian akan orang lain.

a 104

Simpati juga merupakan sebuah proses kejiwaan seseorang yang memiliki ketertarikan terhadap seseorang maupun kelompok akan sikapnya, perbuatannya, ataupun penampilannya yang sedemikian rupa.

Secara singkat simpati merupakan suatu rasa ketertarikan seseorang terhadap orang lainnya. Namun ketertarikan disini bukan dalam artian suatu hubungan seperti percintaan tapi lebih kepada sesuatu yang menarik perhatiaan seseorang dalam berbagai hal.

Proses simpati ini tentunya memiliki peran yang sangat penting dalam suatu interaksi sosial yang berlangsung dalam kelompok masyarakat. Salah satu dorongan manusia dalam melakukan interaksi dengan orang lain karena ada rasa ketertarikan dengan orang tersebut.

Simpati seseorang kepada orang lain merupakan pengaruh psikis yang paling mendasar dalam mendorong mereka dalam suatu interaksi sosial.

Simpati sendiri memiliki hubungan kepada suatu penyimpangan sosial tetapi sebagai sikap yang positif karena dengan adanya hal tersebut dapat memperbaiki pelaku penyimpangan sosial. Walaupun sebenarnya sikap simpati sendiri lebih sering ditujukan pada rasa belas kasihan.

Karena sesungguhnya simpati juga merupakan sikap peduli yang timbul dari hati seseorang kepada orang lain apabila orang yang bersimpati tersebut dapat merasakan apa yang dirasakan oleh orang lain. Simpati memang merupakan sesuatu hal yang bersifat positif karena merupakan bentuk dari hati nurani setiap orang yang membuat perilaku orang yang bersimpati akan selalu menuju kepada hal yang positif.

Selain itu, sikap simpati juga dapat merupakan sebuah terhadap akan suatu hal yang dilakukan dengan memberikan sebuah komentar terhadap hal yang terjadi. Adapun sebenarnya hal yang mempengaruhi sifat simpati seperi kesamaan kepentingan, rasial, pandangan, ataupun karena faktor-faktor historis.

Tujuan dari memiliki simpati sendiri adalah dapat membuat seseorang untuk mengerti suatu pandangan ataupun situasi dari pelaku penyimpangan sosial, selain itu dapat menciptakan saling pengertian antara suatu individu dengan individu lain, tujuan lain dari memiliki simpati adalah dapat memahami orang lain yang sedang berada dalam kesulitan.

Baca Artikel Lainnya :

Berbagai contoh dari sikap simpati adalah seperti ketika membantu orang yang sedang mengalami musibah, membantu mencari solusi saat seseorang mempunyai masalah, ikut berbahagia akan keberhasilan orang lain, turut menyampaikan belasungkawa terhadap orang yang meninggal dan lain sebagainya.

Sikap simpati sesungguhnya dimiliki oleh semua orang yang ada di dunia namun kebanyakan orang sengaja untuk tidak menyadari dan membiarkan sikap simpati yang mereka miliki. Hal ini dapat terlihat dari bagaimana semua orang mampu untuk merasakan penderitaan orang lain.

Sekian penjelasan mengenai pengertian dan definisi simpati, semoga artikel ini bermanfaat.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *