Pengertian dan Definisi Tentang Efek Rumah Kaca

Sebagian besar orang mungkin sudah sangat akrab dengan istilah efek rumah kaca. Beberapa tahun terakhir, efek rumah kaca ini sangat gencar didengungkan oleh komunitas pecinta lingkungan untuk menghadapi pemanasan global.

b 1

Setiap planet pasti memiliki dampak dari perubahan iklim, bahkan yang terparah adalah kemusnahan atau kiamat karena hancurnya seluruh makhluk hidup di suatu planet. Salah satu penyebab kemusnahan organisme hidup adalah efek rumah kaca. Bagi yang ingin tahu seperti apa efek dahsyat dari rumah kaca bagi kehidupan makhluk hidup di bumi. Sebaiknya baca terus ulasan di bawah ini:

Pengertian efek rumah kaca

Apakah rumah kaca itu? Apakah seperti tempat tinggal yang dihiasi kaca? Ternyata, bukan seperti itu. Pada abad ke-17, seorang ilmuwan memperkenalkan konsep efek rumah kaca kepada masyarakat dunia. Beliau adalah Joseph Fourier.

Pengertian efek rumah kaca yang beliau sampaikan adalah semacam lapisan yang ada di permukaan benda-benda langit mengalami kenaikan suhu karena kerusakan atmosfer.

Benda-benda langit yang dimaksud adalah planet. Bukan hanya planet bumi, Venus, Jupiter dan Saturnus konon juga memiliki efek rumah kaca. Secara alami, setiap planet bisa mengalami pemanasan lapisan atmosfer.

Namun, yang sangat besar dampaknya adalah pemanasan karena ulah manusia atau buatan. Tengok saja asap dari limbah pabrik di Cina atau bahkan Jakarta yang sangat pekat. Dalam hitungan tahun, jika semua asap di seluruh dunia dikumpulkan bisa merusak lapisan atmosfer dan menimbulkan kerugian bagi seluruh makhluk hidup.

Agen Poker

Definisi rumah kaca

Rumah kaca serupa kiasan untuk mengibaratkan lapisan atmosfer bumi yang mengalami pemanasan secara terus-menerus akibat perubahan komposisi pembentuk lapisan atmosfer itu sendiri. Lapisan atmosfer terbentuk dari berbagai unsur partikel gas.

Baca Artikel Lainnya :

Jika sedikit saja unsur ini berubah, maka akan mengurangi “performa” lapisan atmosfer untuk melindungi planet bumi dari paparan sinar matahari. Di zaman industrialis, pabrik-pabrik yang membuang limbah industri sembarangan akan dikenakan sanksi karena menyebabkan polusi terutama menghasilkan gas karbon dioksida. Bahaya dimulai dari sini.

Ketika karbon dioksida berlebihan terdapat pada lapisan udara, maka di kala energi panas yang diserap bumi akan dipantulkan kembali ke udara, lapisan udara yang dipenuhi asap karbon dioksida justru memantul kembali ke dalam bumi. Menyebabkan radiasi sinar inframerah yang sangat berbahaya. Pada kasus yang serius, makhluk hidup akan mati.

Itulah pengertian dan definisi efek rumah kaca. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *