Pengertian dan Definisi Tentang Gen

Pengertian dan Definisi Tentang Gen – Buah jatuh tidak jauh dari pohonnya. Itulah kalimat yang cocok untuk menggambarkan sikap dan perilaku anak dengan orang tuanya. Seringkali kita melihat atau merasakan sendiri bahwa sikap dan sifat yang kita miliki merupakan cerminan dari sikap dan sifat yang dimiliki oleh orang tua kita. Kemiripan yang dimiliki anak dan orang tua bukan hanya kebetulan semata, hal itulah yang disebut dengan faktor keturunan. Faktor keturunan tersebut disebut juga dengan istilah gen yang dikenal dalam istilah ilmiah.

a

Pengertian gen

Ada beberapa penjelasan mengenai pengertian gen. Pada tahun 1909, ilmuwan bernama W. Johanssen berpendapat bahwa gen merupakan suatu pewarisan sifat organisme yang dialami oleh makhluk hidup. Gen juga dapat dikatakan sebagai pengganti istilah dari faktor determinan yang pernah diungkapkan oleh Gregor Mendel. Sementara itu menurut Thomas Hunt Morgan, gen adalah suatu materi yang kompak dan memiliki satuan informasi genetic yang berfungsi untuk mengatur penurunan sifat-sifat dari makhluk hidup yang memenuhi lokus suatu kromosom.

Dengan kata lain, bisa dikatakan bahwa gen merupakan suatu faktor turunan yang diwariskan oleh makhluk hidup pada keturunannya dan mempengaruhi berbagai macam karakteristik dari keturunannya tersebut. Gen memberikan banyak pengaruh terhadap suatu keturunan makhluk hidup, bukan hanya pada sikap dan perilaku, namun fisik dan karakter psikispun dapat dipengaruhi oleh adanya faktor genetik atau keturunan tersebut. Jadi tidak heran jika seorang anak yang telah lahir dan tumbuh memiliki karakter fisik dan perilaku yang hampir mirip atau bahkan sama persis dengan kedua orang tuanya.

Hal-hal yang dipengaruhi oleh gen

Berikut ini beberapa hal dan contoh menarik yang dapat dipengaruhi oleh gen, antara lain:

  • Karakteristik fisik.

Karakter fisik orang tua mempengaruhi morfologi, fisiologi dan anatomi anak melalui gen yang diwariskan. Jika anda memiliki bentuk tubuh yang tinggi, rambut yang lurus dan bentuk wajah yang mirip dengan ayah atau ibu anda, maka karakter fisik tersebut telah diturunkan dari orang tua anda.

  • Karakteristik psikis.

Karakter psikis meliputi sikap, sifat hingga kebiasaan. Jika orang tua anda memiliki sifat yang lemah lembut dan cenderung pendiam, maka kemungkinan karakter psikis atau sifat tersebut juga tertanam dalam diri anda karena faktor genetik yang diturunkan oleh orang tua.

Karena orang tua terdiri dari ibu dan ayah, otomatis gen yang diturunkan pun merupakan perpaduan diantara keduanya. Namun tidak semua gen yang diwariskan dari orang tua seimbang, terkadang seorang anak lebih cenderung mewarisi karakter yang lebih kuat dari salah satu orang tuanya, entah itu ibu atau ayah. Apabila karakter fisik dan psikis anda lebih menyerupai ayah, maka faktor gen yang mendominasi adalah gen dari ayah dan begitu pula sebaliknya.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *