Pengertian dan Definisi Tindak Pidana Korupsi

Secara umum koruspi dapat diartikan sebagai tindakan dimana memanfaatkan kesempatan atau sarana yang ada karena orang tersebut yang memeliki kewenangan ataupun jabatan dan juga kedudukan yang tinggi atau dengan kata lain mereka yang memanfaatkan ataupun menyalahgunakan keuasaanya untuk menguntungkan diri sendiri dimana mereka dapat merugikan perekonomian sebuah negara.

f 97

Herlbert Edelherz mengistilahkan para pelaku korupsi dengan sebutah kejahatan kerak putih (white collar crime) karena menurut ia korupsi merupakan suatu perbuatan atau perbuatan yang terjadi dengan berturut-turut yang bersifat ilegal dan dilakukan dengan terselubung dalam rangkan mengambil uang ataupun kekayaan negara demi keuntungan pribadi.

Definisi lain juga dijelaskan oleh Suyatno, yang mendefinisikan tindak pidana korupsi menjadi 4 jenis, yaitu :

  1. Discrtionery Corruption : Merupakan tindak pidana korupsi yang terjadi karena terdapatnya kebebasan dalam memutuskan suatu kebijakan, walaupun kebijakan tersebut terlihat sah, namun kebijakan tersebut bukanlah pratik-praktik yang diterima oleh suatu anggota organisasi.
  2. Illegal Corruption : Jenis korupsi ini merupakan tindakan pidana korupsi yang memiliki tujuan untuk mengacaukan suatu hukum, regulasi, ataupun peraturan tertentu.
  3. Mercenery Corruption : Merupakan suatu tindak pidana korupsi dimana para pelakunya berusaha untuk mendapatkan keuntungan pribadi dari kekuasaan atau wewenang yang mereka miliki.
  4. Ideological Corruption : Jenis korupsi ini memiliki pengertian serupa dengan dua jenis korupsi sebelumnya yakni discrtionery dan illegal corruption namun para pelakunya melakukan tindak pidana korupsi untuk mengejar tujuan dari kelompok tertentu atau untuk kelompok dari pelaku itu sendiri.

Pengertian lain mengenai tindak pidana korupsi secara harfiah yang dikemukakan oleh The Lexicon Webster Dictionary, adalah kata korupsi dapat berarti keburukan, ketidakjujuran, penyimpangan, tindakan amoral, kebusukan, dapat disuap, ataupun sebuah ucapan yang bersifat fitnah atau penuh hinaan.

Lalu Poerwadarmina juga menjelaskan tentang tindak pidana korupsi yang merupakan sebuah perbuatan yang buruk dan dapat berupa tindakan penggelapan uang, menerima uang sogok, dan lain sebagainya.

Menurut Gurnar Myrdal melalui bukunya yang berjudul Asian Drama Volume 2,  korupsi dijelaskan sebagai kegiatan-kegiatan yang tidak pantas dilakukan dan berkaitan dengan kekuasaan, lalu juga korupsi dijelaskan sebgai suatu aktivitas pemerintahan ataupun usaha tertentu dengan tujuan untuk mendapat kedudukan dengan cara yang tidak seharusnya.

Baca Artikel Lainnya :

Selain pengertian-pengertian di atas, di Indonesia sendiri pengertian tindak pidana korupsi dijelaskan dalam UU No.31 Tahun 1999, dimana tindak pidana korupsi diartikan sebagai seseorang yang melawan hukum dengan cara melakukan perbuatan memperkaya diri sendiri ataupun orang lain atau juga suatu korporasi yang bisa merugikan perekonomian negara, dan para pelakunya dapat dikenai hukuman pidana penjara seumur hidup atau minimal 5 tahun penjara dan maksimal 20 tahun penjara dengan denda sebesar 200 juta rupiah samapai 1 miliar rupiah.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *