Pengertian dan Definisi Usaha Pembelaan Negara

Usaha pembelaan negara merupakan suatu konsep secara tersusun yang ada dalam perangkat perundangan suatu negara yang membahas tentang jiwa patriotisme seseorang, suatu kelompok ataupun seluruh komponen dari suatu negara dalam rangka yang menyangkut kepentingan negara dalam mempertahankan eksistensi negara tersebut.

f 101

Selain itu usaha pembelaan negara juga dapa didefinisikan sebagai bentuk usaha pertahanan dalam menghadapi suatu agresi ataupun serangan fisik yang dilakukan oleh pihak tertentu seperti negara lain dimana serangan tersebut dapat menganca, keberadaan negara yang diserang.

Jika suatu usaha pembelaan negara dijelaskan berdasarkan non-fisik maka dapat diartikan sebagai suatu upaya yang dilakukan oleh warga negara dalam rangka untuk memajukan bangsa dan negaranya dengan berbagai cara, seperti melalu pendidika, sosial, moral ataupun dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang ada pada negara yang bersangkutan.

Usaha pembelaan negara merupakan suatu kewajiban yang haris dilakukan para warga negaranya. Karena suatu usaha pembelaan negara merupakan bentuk kecintaan warga negaranya kepada tanah air yang telah memberikan kehidupan.

Dalam pelaksanaanya, seorang warga negara bisa melakukannya melalui cari fisik ataupun non-fisik. Maksud dari pembelaan negara secara fisik yaitu seorang warga negara dapat melakukan usaha pembelaan negara dengan ‘mengangkat senjata’ jika terjadi serangan dari pihak lain khususnya negara asing yang mengancam kedaulatan negara.

Usaha Pembelaan Negara secara fisik biasanya selalu terkait dengan wajib militer. Dalam hal ini yang menjadi subyek adalah tentara dan juga perangkat pertahanan negara yang lain. Ada beberapa negara yang sudah memberlakukan wajib militer bagi warga negaranya yang tentunya telah memenuhi syarat.

Di beberapa negara seperti Jerman, Spanyol, Inggris, dan Amerika Serikat misalnya dimana terdapat sebuah pelatihan militer yang biasanya dilakukan dalam akhir pekan setiap bulannya. Di beberapa negara lain seperti Israel, Republik Korea, dan Singapura, pelatihan militer merupakan suatu kewajiban dimana setelah seseorang telah menyelesaikan dinas nasional.

Para warga negaranya sendiri dapat melakukannya sebagai individu ataupun sebagai anggota resimen, contohnya Tentara Teritorial Britania Raya. Contoh lainnya adalah seperti Amerika Serikat National Guard yang merupakan bagian dari pasukan cadangan militer.

Berbeda dengan anggota militer pada umumnya, para cadangan militer merupakan suatu kelompok ataupun unit personel militer yang tidak memiliki komitmen dalam sebuah pertempuran yang dipimpin oleh seorang komandan sehingga mereka hanya tersedia dalam menangani situasi yang tidak terduga dalam rangka memperkuat pertahanan negara.

Adapun pembelaan negara secara non-fisik yang seorang warga negara bisa lakukan dengan segala usaha untuk menjaga bangsa dan juga kedaulatan negaranya dengan meningkatkan nasionalisme ataupun dengan berperan aktif dalam mewujudkan kemajuan negaranya.

Baca Artikel Lainnya :

Terdapat beberapa alasan yang menjelaskan tentang pentingnya usaha pembelaan negara yang harus dilakukan oleh warga negaranya, yakni :

  1. Agar dapat mempertahankan kedaulatan Negara dari berbagai ancaman yang ada.
  2. Agar dapat menjaga ketuhan dan kesatuan wilayah Negara.
  3. Merupakan suatu panggilan sejarah
  4. Merupakan kewajiban yang dimiliki oleh setiap warga negara

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *