Pengertian dan Fungsi adanya Daun Pada Tanaman

Pengertian dan Fungsi adanya Daun Pada Tanaman – Daun adalah merupkan salah satu bagian dan organ yang peranannya sangat penting dalam tumbuhan. kebanyakan daun berwarna putih karena didalam daun mengandung klorofil walupun tidak sedikit warna daun tidak berwarna hijau. klorofil dalam daun berguna untuk menangkap energi cahaya matahari yang digunaakan tnaman untuk proses fotosintesis.

a

Daun disebut sebgai organ yang sangat penting yang dipunya tanaman karena daun merupakan organ autotrof obligat yang artinya untuk melangsungkan hidupnya tumbuhan harus dipasok dengan energi sendiri dengan mengubah cahaya matahari menjadi nnergi dengan bantuan proses fotosintesis.

Morfologi Daun

Sebenarnya di dunia ini tumbuhan memiliki banyak sekali bentuk daun namun secara umum terdapat dua bentuk daun yaitu helaian tipis dan helaian tebal dengan bentuk dasar membulat, dengan beberapa variasi yakni menjari, meemanjang dan bahkan ada yang berbentuk elips. daun juga ada yang berduri namuan biasanya tanaman jenis ini hidup didaerah yang kering seperti pada tanaman kastus, sukulen dan lain sebagainya. daun dengan bentuk berduri tidak memerlukan fotosintesis karena tubuh atau batang tanaman ini digunakan sebagai tempat penyimpanan air.

Kloroil ddalam daun merupakan senyawa pigmen yang sangat penting dalam proses fotosintesis di daun, sebenarnya banyak sekali pigmen lainnya seperti karoten/jingga, antosianin/merah, biru, ungu warna tergantung keasaman, dan juga xantofin/kuning.

Ada beberapa fungi daun secara umum

1. Tempat perombakan energi (fotosintesis)

Untuk tanaman yang dikotil terjadi proses fotosintesis yang berada pada jaringan parenkim palisade, sedangkan utuk tanaman monokotil fotosintesis itu sendiri terjadi pada jaringan spon.

2. Daun sebagai organ pernapasan

Didalam daun terdapat stomata yang berfungsi sebagai tempat terjadinya resfirasi pada tanaman.

3. Daun sebagai tempat gutasi

Gutasi merupakan salah satu proses pelepasan air dalam jaringan yang mana terjadi dalam daun.

4. Sebagai alat perkembangbiakan Vegetatif

Untuk sebagian tanaman daun dapat dijadikan sebagai alat perkembangbiakan, sebagai contoh tumbuhan cocor bebek.

Demikianlah yang bisa saya share dalam kesempatan kali ini mengenai Pengertian dan Fungsi adanya Daun Pada Tanaman, semoga bisa membantu teman-teman semuanya. sampai jumpa di artikel saya selanjutnya,,

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

One thought on “Pengertian dan Fungsi adanya Daun Pada Tanaman

  1. Pingback: Manfaat dan Khasiat Seledri Bagi Kita | Pusat Infomasi Pertanian Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *