Pengertian dan Fungsi dari Musyawarah

Musyawarah merupakan sebuah kata Syawara yang dalam bahasa Arab memilik makna negosiasi, konsultasi dan mengajukan sesuatu, Pengertian dari musyawarah sendiri adalah sebuah perundingan yang dilakukan secara bersama-sama diantara dua orang atau lebih dengan tujuan untuk mencapai sebuah keputusan bersama yang terbaik.

b 3

Musyawarah sendiri juga berupa sebuah pengambilan keputusan yang dilakukan secara bersama-sama yang sebelumnya juga telah disepakati secara bersama-sama dalam memecahkan sebuah masalah.

Cara dalam sebuah pengambilan keputusan bersama tersebut sengaja dibuat terkait dengan kepentingan masyarakat luas ataupun orang banyak. Cara yang ditempuh pun dalam pengambilan keputusan bisa dengan musyawarah mufakat ataupun dengan voting yaitu dengan mengambil suara yang terbanyak.

Sebuah musyawarah tentu tidak terlepas dari sebuah komunikasi. Karena dengan adanya komunikasi yang baik dalam musyawarah tentu akan lebih cepat dalam meengambil sebuah keputusan.

Pengertian dari komunikasi sendiri adalah sebuah proses yang berasal dari ide seseorang yang kemudian diberikan kepada orang lain dengan tujuan untuk meningkatkan makna atau mendapat respon buah pikirannya tersebut.

Karena sebuah musyawah selalu berhubungan dengan orang lain dan akan terdapatnya pesan yang disampaikan dari beberapa peserta maka sebuah komunikasi yang baik akan membantu berjalnnya sebuah proses musyawarah.

Dalam sebuah musyawarah sendiri memiliki fungsi yang diantaranya adalah untuk memecahkan masalah. Masalah tersebut akan dipecahkan jika masing-masing peserta ingin mengeluarkan pendapat, masukan ataupun saran.

Karena tanpa adanya pendapat masukan ataupun sarat tersebut sebuah musyawarah atau diskusi tidak akan tercapai, maksud dari hal ini adalah dapat terjadi kemungkinan bahwa masalah tidak akan mampu untuk dipecahkan.

Lalu musyawarah sendiri memiliki fungsi dimana dengan adanya upaya bersama yang disertai dengan kerendahan hati dapat memecahkan persoalan melalui keputusan yang diambil bersama.

Cara voting ini sebenarnya lebih sering digunakan dalam sebuah musyawarah khususnya dalam negara-negara demokratis karena dianggap lebih praktis dalam waktu dan juga lebih sederhana jika dibandingkan dengan diskusi yang terkesan sangat rumit. Oleh karena itu voting ini menjadi sebuah mekanisme dalam konsultasi dalam sebuah sistem demokrasi.

Baca Artikel Lainnya :

Sebuah voting sendiri memiliki persyaratan tertentu dalam pelaksanaanya berikut adalah penjelasannnya :

  • Musyawarah telah dilakukan namun tidak mendapatkan hasil dari keputusan yang tepat.
  • Musyawarah sudah tidak mungkin lagi untuk dilakukan karena adanya perbedaan pendapat yang membuat sebuah musyarah tidak dapat lagi untuk dilanjutkan.
  • Waktu yang sangat sempit sehingga sebuah keputusan harus cepat untuk diambil.
  • Sebelum voting dilakukan, para peserta musywarah diberikan waktu terlebih dahulu untuk mengetahui lebih lanjut tentang pendapat yang berbeda. Keputusan sendiri baru dapat diambil jika peserta musywarah yang setuju terdapat 2/3 jumlah peserta atau dari separuh jumlah peserta musyawarah.

Demikian uraian mengenai pengertian dan fungsi musyawarah, semoga artikel ini bermanfaat.

 

 

 

 

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *