Pengertian dan Fungsi Firewall

Anda yang sehari-harinya berkutat dengan perangkat komputer, pasti tidak asing lagi mendengar istilah firewall. Tapi, tahukah Anda apakah itu Firewall? Apa fungsi Firewall pada komputer Anda?

f 100

Firewall adalah sebuah pelindung sistem, baik itu sistem komputer, maupun sistem pada jaringan yang lebih luas. Firewall ada yang hadir dalam bentuk software, maupun hardware. Keduanya memonitor keluar masuknya paket data pada jaringan atau komputer.

Lebih detilnya, firewall menganalisa paket data, mempelajari sumber paket data, komputer yang dituju, protokol yang digunakan serta isi dari paket data tesebut.

Bagi penggunanya, firewall dapat digunakan untuk memblokir paket data dari alamat-alamat tertentu, memblokir pertukaran data antar komputer, mencegah penggunaan protokol tertentu serta menolak paket data yang mencurigakan. Karenanya, firewall memiliki andil yang cukup penting dalam sistem keamanan pengguna komputer.

Sementara, fungsi firewall pada sebuah sistem atau jaringan adalah dengan menyaring trafik yang diizinkan masuk ke dalam jaringan, dengan menghalangi trafik yang tidak diizinkan. Agar dapat berfungsi secara efektif, firewall pada sebuah jaringan harus memenuhi standarisasi tertentu agar mampu menjalankan berbagai skema pencegahan dasar.

Gagasan utama penerapan teknologi ini adalah untuk mendirikan suatu bentuk pagar pengaman untuk melindungi sebuah jaringan privat, sehingga dapat mencegah akses tanpa izin dan gangguan lain yang dapat menghambat aktivitas data.

Firewall yang baik harus kebal terhadap penyusupan luar. Nah, cara untuk memastikan keamanan firewall adalah dengan menempatkan firewall pada sebuah perangkat yang diperuntukkan khusus baginya.

Dengan kata lain, disarankan untuk tidak memasang firewall pada server web, server basis data, atau server apapun yang melayani aplikasi atau layanan lain, karena akan berkaitan dengan nomor IP dan port-port jaringan tersebut.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *