Pengertian Dan Fungsi Hormon ‘Jasmonates’ Pada Tumbuhan

Pengertian Dan Fungsi Hormon ‘Jasmonates’ Pada Tumbuhan – Masing – masing tumbuhan pastilah mempunyai media perangsang guna berfungsi untuk membantu melakukan pertumbuhan serta meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam pertumbuhan tanaman hijau tersebut di masa depan.

Perangsang di dalam tubuh tumbuhan tersebut di atas dalam istilah ilmu Biologi dikenal dengan nama hormon tumbuhan. Dengan adanya hormon yang dihasilkan oleh tanaman hijau dari organ – organ tertentu diharapkan mampu menyediakan kebutuhan akan asupan makanan yang bergizi untuk pemenuhan kinerja dari sel – sel baik terhadap tumbuhan yang bersangkutan agar bisa bekerja lebih sempurna di masa depan guna pertumbuhan dan kembangbiak mereka.

Hormon yang bekerja di dalam tubuh tanaman biasanya bersifat berkesinambungan merupakan faktor ‘fisiologi’ dimana di dalamnya terdapat proses yang dipengaruhi oleh faktor – faktor fisiologis, adalah berupa proses fungsional yang terjadi pada level seluler yang memberikan pengaruh banyak terhadap keberhasilan pertumbuhan dan perkembangan tanaman yang dimaksud.

Jenis Hormon Pada Tumbuhan : Jasmonates

Pengertian hormon Jasmonates adalah salah satu jenis hormon di dalam tubuh tanaman hijau yang memiliki fungsi sebagai media pendorong terbentuknya protein pertahanan yang nantinya akan bermanfaat untuk melawan adanya serangan – serangan yang bersifat ‘patogen’ dan organisme lainnya yang cukup mengganggu.

Di dalam menjalankan fungsinya sebagai salah satu zat dari protein pertahanan, hormon Jasmonates dibantu oleh beberapa hormon lainnya yaitu ‘hormon Auksin’ dan ‘hormon Giberelin’. Marilah kita membahas tentang kedua hormon pembantu ini !

1/Hormon Auksin

Hormon jenis ini memegang peranan yang cukup penting dalam proses pembelahan dan pembentangan sel – sel baik yang juga memiliki kekuatan untuk merangsang terbentuknya bunga dan buah serta akar secara adventif. Namun kinerja hormon ini bisa terhambat karena adanya cahaya Matahari secara berlebihan masuk ke dalamnya yang menyebabkan proses pembentangan dan pembelahan sel pada ‘koleoptil’ atau sel – sel batang menjadi lamban pula disertai pertumbuhan cacat hanya terpusat pada bagian tanaman yang kurang mendapatkan cahaya Matahari sehingga menyebabkan tanaman lebih cenderung tumbuh subur ke arah yang banyak terkena cahaya.

2/Hormon Giberelin

Hormon jenis ini hanya ditemukan pada bagian bunga terhadap sebuah tanaman hijau beserta batang yang dihasilkan oleh tanaman berbatang tinggi atau tumbuhan jamur.

Memiliki fungsi sebagai berikut :

  • Berfungsi untuk memacu / mendorong aktivitas ‘kambium’.
  • Mendorong tanaman tumbuh tinggi.
  • Membantu perkecambahan biji.
  • Berfungsi untuk menghasilkan buah tak berbiji.
  • Menyebabkan tanaman mudah berbunga.
  • Menghilangkan sifat kerdil karena gen pada tumbuhan.

Demikianlah ulasan singkat dari kami tentang pengertian dan fungsi dari hormon Jasmonates pada tumbuhan untuk bahan bacaan para siswa / wi yang diharapkan memberi manfaaat di masa depan. Terimakasih !

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *