Pengertian dan Fungsi Mitokondria Pada Organisme

Pengertian dan Fungsi Mitokondria Pada Organisme – Mitokondria merupakan salah satu oorganel sel yang ada dalam sel eukareotik. karena merupakan respirasi seluler, Mitokondria ini sering disebut sebagai pemasok energi terbesar di dalam tubuh. karena dapat menghasilkan ATP. Mitokondria ini memiliki DNA sendiri, dari beberapa studi para ilmuwan percaya bahwa mereka pernah hidup bebas, dimana organisme bersel tunggal ini yang membentuk simbiosis dengan eukariota pda awalnya. Bgian Mitokondria sangat banyak yang mana terdiri dari berbagai ukuran dari 0,5 mikrometer hingga 10 mikrometer.

Untitled

Ukuran 10 Mikrometer

Mitokondria ukuran yang paling besar sekitar  10 mikrometer. Mikrometer merupakan sama dengan 1/1, 000 milimeter, atau sekitar 1/1, 000,000 meter.

Ukuran Setengah Mikrometer

Mitokondria yang palig terkecil yaitu sekitar 0,5 mikrometer, ukuran ini diperkirakan sama dengan panjang gelombang cahaya biru. ukuran ini juga sama dengan ukuran bakteri namun diperkirakan aakan lebih besar dari sebuah bakteri yag kecil dengan diameter sekitar 0,3 mikrometer.

Teori endosimbiotik

Teori endosimbiotik berasumsi kepada mitokondria, kloroplas dan organel sel lainnya yang potensial didalam tubuh dan jaaringan sel, Sebelumnya Banyak bukti yang mendukung teori ini dari beberapa peelitian yanng ada. Tidak hanya mitokondria memiliki DNA sendiri, namun juga yang menyerupai bakteri DNA, tetapi mitokondria juga memiliki dinding sel yang hampir sama dengan bakteri. Mereka berbagi sifat biokimia dengan bakteri, seperti semacam enzim yang mereka miliki.

Mitokondria dalam sel baik sel hewan ataupun sel tumbukan akan menghasilkan energi. dari sisi fungsi mitkondri adikatakan sangat penting bagi seluruh mahkluk hidup tanpa terkecuali manusia dengan cara mengubah oksigen dan nutrisi yag didapat menjadi ATP. Molekul ATP inilah yang membantu membentuk energi dan sangat berguna untuk aktifitas mahkluk hidup.

Beberapa Fungsi dari Mitokondria :

Fungsi Membran bagian dalam

Bagian dalam membran yang biasa disebut krista merupakan bagian yang tertutup yang didalamnya berisi matriks dan tentunya tempat untuk memproduksi ATP.didalam membran ini banyak sekali mengandung lipatan-lipan yang snagat memungkinkan untuk sebuah molekul kecil masuk kedalam sebuah matrik yang mana ia akan masuk melalui transportasi protein. Diketahui bahwa lipatan ini berfungsi sebagai meningkatkan luas permukaan membran dalam, hal ini mengakiatkan mitokondriaakan banyak menerima enzim yanng membantu dalam proses respirsi.

Fungsi Membran luar

Membran luar ini berfungsi sebagai alat pendektetor yang mana bersifat  menjaga keluar zat yang tidak diinginkan  dari dlaam membran dan memungkinkan molekul kecil dan ion untuk masuk ke dalam membran tersebut. Molekul yang melewati membran luar akan didorong memasuki ruang antar membran sebelum nantinnya menghadapi membran dalam.

Keberadaan dan Reproduksi

Mitrokondria ini didalamnya mengandung DNA ynag mana diproduksi terpisah dari sel inang. perlu dikatahu bahwa semua sel hidup dipastiakn mengandung mitokondria namu jumlahnya tergantung dengan jumlah enaargi yang dibutuhkan oleh sel. pada kondisi sel tertentu jumlah mitokontria akan jauh lebih tingg bila di bandingakn dengan yang lainnya, misalkan saja pada seel otot dan sel lemak sangat tiggi karena aktifikas di daerah itu snagat tinggi pula.

Respirasi aerobik

Didalam respirasi aerobik sebagiaan bahan yang diproleh akan diambil dari membran, dimana proses nie akan mengubaah oksigen menjadi energi ATP, yang mana protein akan bergabung dengan protein yang berada di dalam membran (Sebagian dari respirasi). Hasil dari respirasi iin yaitu Atp akan disalurkan keseluruh tubuh sebgai salh satu pasokan energi makhluk hidup.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *