Pengertian dan Fungsi Mitokondria

Pengertian dan Fungsi Mitokondria – Setiap makhluk hidup pasti membutuhkan asupan energi yang cukup untuk bisa terus beraktivitas, tidak hanya manusia namun juga tumbuhan, hewan, dan makhluk bernyawa lainnya. Dalam tubuh setiap makhluk hidup terdiri dari organ-organ penting, dan organ ini terbentuk atas gabungan beberapa jaringan sel. Sehingga bagian terkecil dan menjadi bagian terpenting di dalam tubuh makhluk hidup ialah sel. Sel sendiri terdiri dari beberapa bagian yang saling melengkapi dan berkesinambungan.

a

Setiap sel yang terdapat di dalam jaringan memiliki bagian Mitokondria, yang sangat penting untuk keberlangsungan hidup sel itu sendiri. Kehidupan setiap sel yang menyusun jaringan sangat dipengaruhi oleh sel mitokondria ini. Sebelum membahas mengenai fungsi utama dari sel satu ini, ada baiknya memahami pengertian dan juga sistem kerja dari sel mitokondria.

Mengetahui apa itu sel mitokondria

Mitokondria merupakan salah satu bagian penting yang harus ada dan wajib dimiliki oleh sebuah sel yang menyusun jaringan. Mitokondria sendiri sering disebut sebagai organel sel terbesar, yang memiliki fungsi mensuplai kebutuhan energi sel tubuh. Siklus yang terjadi atau dialami oleh sel-sel tubuh sangat dipengaruhi oleh keberadaan mitokondria. Selain sebagai salah satu bagian penting yang mensuplai kebutuhan energi, mitokondria juga menjaga fungsi sel lebih maksimal. Sehingga mitokondria menjalankan fungsi sebagai kestabilan fungsi setiap sel-sel yang ada.

Tidak salah apabila mitokondria disebut sebagai organel sel terbesar, sebab apabila tidak ada maka sel akan mengalami disfungsi. Keseimbangannya akan terganggu, dan akibatnya jaringan sel menjadi tidak sempurna. Terjadilah gangguan terhadap organ tertentu sesuai dengan bagian mana yang mitokondrianya mengalami disfungsi.

Mengenal fungsi utama mitokondria

Masing-masing sel penyusun jaringan di dalam tubuh memiliki siklus, yakni terjadinya regenerasi sehingga menjaga kekebalan dan fungsi organ penting. Siklus ini memungkinkan terjadinya pergantian sel yang menyusun jaringan, dan harus terjadi secara kontinyu. Apabila ada gangguan maka dapat dipastikan tubuh akan mengalami gangguan dan akan semakin nampak apabila sudah dalam tahap parah. Gangguan siklus hidup sel ini terganggu diakibatkan oleh mitokondria yang mengalami masalah dalam menjalankan fungsinya.

Siklus hidup sel yang menyusun jaringan tidak terlepas dari proses respirasi, atau pernafasan yang menjadi salah satu bentuk kinerja sel tersebut. Respirasi dapat terjadi apabila sebuah sel mendapatkan asupan energi yang dibutuhkan. Energi ini diperoleh dari zat-zat bermanfaat yang masuk ke tubuh melalui berbagai jenis makanan yang dikonsumsi. Perubahan energi ini bisa lebih maksimal dan dapat dilakukan apabila kondisi mitokondria sangat baik. Zat-zat penting yang masuk ke tubuh oleh mitokondria akan dipecah dan kemudian menjadi bentuk energi yang dibutuhkan oleh sel-sel lain. Hasilnya siklus sel dapat terjaga dengan baik, berkat organel sel utamanya yang berfungsi normal.

Baca Artikel lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

2 thoughts on “Pengertian dan Fungsi Mitokondria

  1. Pingback: Macam-macam Bagian Sel Tumbuhan | Pusat Infomasi Pertanian Indonesia

  2. Pingback: Jenis, Karakteristik, dan Fungsi Sel Darah Merah | Pusat Infomasi Pertanian Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *