Pengertian dan Fungsi VPS

Pengertian dan Fungsi VPS – Virtual Private Network atau VPN merupakan sebuah koneksi antar jaringan secara private melalui jaringan internet (publik).

Data yang dikirim terenkripsi dan hanya bisa di akses oleh orang tertentu saja sehingga aman dan tetap terjaga.

pengebang

Pada umumnya VPN digunakan oleh instansi pemerintah, tenaga pendidik ataupun perusahaan besar, karena datanya dapat diakses dari berbagai tempat tanpa harus khawatir dengan adanya data rusak ataupun penyadapan.

Virtual Private Network memiliki fungsi sebagi berikut :

  1. Confidentially

Confidentially atau kerahasiaan merupakan salah satu fungsi VPN. VPN yang pengunaanya melalui jaringan internet tentunya sanagt rawan akan pencurian data baik melalui jaringan internet maupun melalui VPN itu sendiri.

Oleh karena itu VPN menggunakan sistim enkripsi untuk mengacak data yang lewat, dengan begitu data yang dikirim aman dan terjaga.

Meskipun bisa jadi ada penyadap yang bisa mengambil data tersebut, tapi tetap saja dia tidak bisa mengakses datanya, karena data yang teracak tadi. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa yang dapat mengakses data melalui VPN adalah orang yang bersangkutan.

  1. Data Intergrity

Data Intergrity atau keutuhan data menjadi salah satu fungsi VPN. Ketika seseorang mengirim data ke tempat lain, maka data yang dikirim dan diterima bentuknya akan tetap sama tanpa adanya data rusak ataupun hilang.

  1. Origin Authentication

Origin Authentication  atau Autentika sumber dilakukan oleh VPN ketika data sudah sampai di penerima.

Data tersebut di cek sumber asalnya, alamat sumber dan jika sesuai dengan yang dimaksud maka proses tersebut akan disetujui oleh penerima.

Dengan begitu data yang diterima memanglah data dari sumber yang dimaksud bukanlah dari pihak lain yang dipalsukan.

Jadi dapat disimpulkan bahwa berkirim data via VPN sangatlah terjaga semua kerahasiannya tanpa khawatir data akan hilang karena penyadapan, sehingga dapat meningkatkan kegiatan transaksi data tanpa adanya gangguan.

Tetapi meskipun begitu, tetap di harus waspadai jika terjadi pemalsuan data oleh si penerima setelah memperoleh data dari pengirim.

Baca Artikel Lainnya :

Demikian pengertian dan fungsi Virtual Private Network atau yang lebih dikenal dengan sebutan VPN.

Loading...

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *