Pengertian dan Jenis Bioteknologi

Pengertian dan Jenis BioteknologiJika anda diminta untuk mendeskripsikan mengenai bioteknologi, apakah anda mengetahui itu? belum tentu semua orang mengetahuinya. Ada beberapa orang yang memang masih belum mengenal mengenai bioteknologi padahal mereka hampir setiap hari mengalami bioteknologi ini. Jika anda mempelajari mengenai ilmu alam pastinya anda akan mengetahui mengenai bioteknologi ini. Ini merupakan hal yang mudah bagi kita untuk mempelajari hal ini.

a

Pengertian bioteknologi

Bioteknologi terdiri dari dua kata yang menyusun kata ini, yang pertama adalah Bio yang berarti kehidupan dan juga hidup. Sementara teknologi merupakan kemajuan dalam sebuah hal yang biasa menjadi luar biasa. Jadi jika digabungkan, Bioteknologi merupakan cabang ilmu yang mempelajari mengenai kemajuan dalam hal biologi yang memberikan banyak dampak bagi manusia dan sekitarnya. Cabang ilmu ini termasuk dalam cabang ilmu modern karena mempelajari beberapa teknologi dalam penerapan ilmu alam. Dalam kajian ilmu ini kita juga akan membahas mengenai beberapa hal mengenai kemajuan dalam bidang pertanian dan pangan.

Jenis-jenis bioteknologi

Jika kita berbicara mengenai jenis-jenis dari Bioteknologi ini, maka kita akan menemukan beberapa jenis atau macam yang bisa kita pelajari. Berikut ini adalah beberapa jenis bioteknologi antara lain:

  1. Bioteknologi konvensional, pemanfaatan makhluk hidup untuk dikembangkan demi kemajuan hidup manusia
  2. Bioteknologi modern, cabang ilmu yang sudah menggunakan alat-alat modern dalam pengaplikasiannya
  3. Bioteknologi pertanian, cabang ilmu biologi yang mempelajari mengenai kejadian di sekitar pertanian
  4. Bioteknologi pangan, akan mengajarkan kita mengenai beberapa hal yang sudah maju dan berguna dalam dunia pangan

Jika anda berbicara mengenai bioteknologi, pastinya tidak akan lepas dari beberapa hasil yang sudah dihasilkan yang melalui hasil itu sudah menjadi kemajuan pesat. Ada banyak orang yang sudah memanfaatkan hasil ini demi kelangsungan hidup mereka. Pada prinsipnya, bioteknologi mengandalkan beberapa mahkluk hidup yang memang masih sangat awam bagi kita seperti jaringan, sel, DNA dan juga bakteri. Ini akan sangat bisa dimanfaatkan jika kita mengetahui secara pasti memanfaatkannya.

Dampak positif bioteknologi

Berbicara mengenai sebuah teknologi baru ini, pastinya akan ada dampak yang bisa anda rasakan dari teknologi ini. Sama halnya seperti bioteknologi yang juga memiliki dampak positif bagi kehidupan kita. Berikut ini adalah dampak positif yang bisa dirasakan antara lain:

  1. Bisa membantu manusia untuk menemukan bahan pangan baru.
  2. Bisa menyembuhkan beberapa penyakit yang penyembuhannya menggunakan bakteri.
  3. Menghilangkan beberapa racun yang ada pada tubuh kita.

Dengan adanya manfaat positif bagi penggunanya ini maka anda bisa merasakan hal yang berbeda dengan sebelumnya. Anda bisa merasakan bahwa ilmu alam bisa menjadi sebuah ilmu yang akan sangat membantu dan juga memberikan anda pelajaran yang baik dalam kehidupan. Jadi jangan ragu untuk mempelajari ilmu ini.

Baca Artikel Lainnya :

2 thoughts on “Pengertian dan Jenis Bioteknologi

  1. Pingback: Pemahaman Mengenai Bioteknologi | Pusat Infomasi Pertanian Indonesia

  2. Pingback: Pengertian dan Manfaat Kultur Jaringan | Pusat Infomasi Pertanian Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *