Pengertian dan Jenis-jenis Cerita Daerah

Pengertian Cerita Daerah

Hampir setiap daerah memiliki cerita mengenai kehidupan masyarakat di dalamnya. Sebuah cerita yang lahir dan berkembang secara lisan atau dari mulut ke mulut salah satunya yakni cerita daerah.

Cerita daerah atau juga disebut dengan cerita rakyat dimana cerita tersebut memang lahir dari kehidupan rakyat dan dimiliki serta dinikmati oleh masyarakat tersebut.

q 16

Adakalanya cerita daerah muncul dari sebuah sejarah yang terjadi dalam masyarakat tersebut, namun tak sedikit pula cerita daerah yang dibuat atau dikarang secara fiksi atau tidak nyata. Begitupun isi dari sebuah cerita daerah banyak dianggap tidak logis atau tidak masuk akal dan bersifat khayalan.

Meski begitu, cerita daerah juga dianggap sebagai sebuah karya sastra yang harus dijaga sebagai bagian dari karya sastra tersebut. Sebagai sebuah karya sastra, cerita daerah memiliki beragam jenisnya berdasarkan isi atau penokohan dalam cerita daerah tersebut.

Berikut jenis-jenis cerita daerah.

  • Fabel

Fable atau disebut juga dengan cerita binatang, merupakan cerita daerah yang berkisah binatang sebagai tokoh-tokoh yangmemiliki peran layaknya seorang manusia.

Binatang-binatang yang diceritakan tersebut dapat berbicara, berpikir, makan, minum, memiliki keluarga sebagaimana kehidupan manusia. Dengan begitu, fable ini bukan semata-mata sebagai cerita binatang yang sesungguhnya, melainkan fable ini dianggap sebagai metamorphosis dari kehidupan manusia.

Tujuan penggunaan tokoh binatang dalam cerita daerah ini yakni agar cerita yang disampaikan tidak menyinggung atau menyakiti pembaca.

  • Sage

Sage merupakan jenis cerita daerah yang berkisah mengenai kehidupan para raja yang berkuasa pada saat itu, maupun menceritakan mengenai sifat kepahlawanannya dalam mensejahterakan rakyatnya.

Sage ini dibuat untuk mengenang para raja serta sebagai rasa hormat rakyat pada raja dan para pahlawannya.

  • Mite

Jenis cerita daerah ini merupakan kisah yang menceritakan suatu kepercayaan masyarakat tersebut, misalnya kepercayaan pada dewa-dewa. Umumnya mite ini lahir sebagai rasa sukur suatu masyarakat kepada dewa yang mereka anggap sebagai penguasa alam.

Baca Artikel Lainnya :

  • Legenda

Jenis cerita daerah terakhir yakni legenda. Legenda merupakan cerita yang berkisah tentang asal usul suatu tempat, tumbuhan, binatang dan benda lainnya. Masyarakat menganggap sesuatu yang muncul memiliki asal usul yang kemudian dijadikan sebuah cerita yakni cerita daerah.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *