Pengertian dan Jenis-jenis Protista

Apa itu Protista? – Apakah Anda pernah mendengar yang dinamakan dengan Protista? Protista ialah salah satu jenis makhluk hidup yang mempunyai kelompok sendiri. Protista ini bukan golongan dari hewan ataupun golongan dari tumbuhan, namun jika di lihat dari fisioloogi serta morfologi, Protista ini cenderung memiliki kemiripan dengan tumbuhan, jamur, ataupun hewan. Banyak sekali jenis dari Protista yang merugikan manusia, namun tidak jarang Protista ini juga bermanfaat untuk manusia.

a

Pengertian protista

Protista ialah organisme yang termasuk ke dalam golongan eukariotik, hal ini dikarenakan ia mempunyai inti sel yang dimiliki oleh hewan maupun tumbuhan. Di dalam inti sel ini Anda akan menemukan kromosom dan akan melakukan reproduksi dengan cara vegetatif atau sering disebut dengan pembelahan mitosis. Protista ini di bagi atas menjadi 3 golongan besar yaitu Protista yang mirip dengan tumbuhan, mirip hewan, serta mirip jamur.

Protista mirip jamur

Protista mirip jamur atau yang sering disebut dengan jamur Protista, ialah Protista heterotrof. Protista golongan ini akan memperoleh makanan yang berasal dari organisme lain. Ia akan menguraikannya dengan cara menelan atau menguraikan makanan. Jamur Protista ini hanya ada 2, antara lain:

  • Myxomycotina, Protista yang berada di dalam golongan ini mempunyai sifat yang sangat mirip dengan jamur, di struktur vegetative disebut dengan plasmodium yang merupakan masa dari sitoplasma yang mempunyai inti serta tidak memiliki batas dinding sel. Bila kondisinya memungkinkan, plasmodium ini akan melanjutkan perkembangbiakan dari vegetatifnya, selnya akan bertambah secara terus menerus.
  • Slime Mold, Protista berjenis ini memiliki sifat yang sangat mirip dengan jamur, ia hidup di tanah yang lembab daripada air tawar, ia juga hidup pada serasah daun ataupun batang kayu yang roboh. Jamur jenis ini memiliki kekerabatan yang amat dekat dengan amoeba.

Protista mirip tumbuhan

Protista ini biasa disebut alga, ia memiliki ciri tidak bisa di bedakan antara daun batang, ataupun akarnya, tumbuhnya pun berupa talus. Struktur tubuhnya ada yang memiliki koloni dengan bentuk pita atau benang namun ada pula yang uniselular. Alga ini mampu bereproduksi dengan cara :

  • Pemberlahan sel, pembelahan ini ialah proses reproduksi, tubuh alga bisa membagi 2,
  • Fragmentasi, fragmentasi ini terjadi dengan pemecahan koloni,
  • Zoospora, tubuhnya akan selubungi dengan selaput serta dapat bergerak bahkan berenang
  • Reproduksi seksual, peleburan gamet individu jantan dengan betina.

Protista mirip hewan

Ciri dari protozoa ini ialah bentuk tubuhnya yang memiliki banyak variasi, ukurannya pun juga relative kecil, ia hidup dengan cara soliter serta berkoloni. Ia akan mendapat makanan dengan memangsa, cara bereproduksinya dengan konjugasi atau membelah diri. Jika ia terancam bahaya, ia akan berlindung dengan cara membentuk kista, saat lingkungan normal ia akan kembali berubah menjadi protozoa.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *