Pengertian dan Jenis Media Yang Ada Di Indonesia

Apa yang muncul dalam pikiran Anda ketika pertama kali mendengar kata media ? Pasti yang terlintas dalam pikiran Anda adalah TV, Radio, Majalah/Koran. Tapi media tidak hanya sebatas seperti itu saja. Untuk menjelaskan hal tersebut dalam artikel ini akan dijelaskan pengertian dan jenis media yang ada di Indonesia.

a 22

Pengertian Media

 Definisi dari media adalah segala bentuk dan saluran yang berfungsi untuk menyampaikan informasi dan juga pesan. Media sendiri berasal dari kata latin yang merupakan bentuk jamak dari “medium”. Jika diartikan secara harfiah media dapat didefiniskan sebagai “perantara” atau “pengantar”.

Pengertian lain tentang Media sesuai dengan pengertian media menurut istilah terkait dengan komunikasi dan pendidikan. Umumnya, ketika orang menyebut media, maka yang dimaksud adalah media massa, yakni media komunikasi massa, seperti suratkabar, majalah, radio, dan televisi

Jadi dapat disimpulkan bahwa media adalah alat atau sarana yang dipergunakan untuk menyampaikan informasi atau pesan dari sang pengantar pesan kepada penerima pesan.

Jenis-Jenis Media

Adapun jenis-jenis media yang sering kita jumpai, seperti :

  • Media Visual

Media visual adalah media yang dapat dilihat, dibaca dan diraba. Media ini mengandalkan indra penglihatan dan peraba. Berbagai jenis dari media visual ini sangat mudah untuk didapatkan. Contoh dari media visual yang sangat banyak dan mudah untuk didapatkan maupun dibuat sendiri yaitu media foto, gambar, komik, poster, majalah, buku, miniatur,dan sebagainya.

  • Media Audio

Media audio adalah media yang hanya bisa didengar saja dengan indra telinga sebagai salurannya. Contoh dari media audio ini seperti suara, musik dan lagu, alat musik, siaran radio, CD dan sebagainya.

  • Media Audio Visual

Media audio visual adalah media yang dapat dilihat dan didengar secara bersamaan. Media ini menggunakanindra pendengaran dan penglihatan secara bersamaan. Contoh dari media audio visual ini seperti pementasan, film, televisi dan lain-lain.

Internet jugadapat digolongkan dalam media audio visual, tetapi lebih lengkap dan menyatukan semua jenis format media, Internet sendiri disebut multimedia karena terdapat berbagai format ada dalam internet.

Sekian artikel mengenai media dan juga jenis-jenis media, semoga artikel ini bermanfaat.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *