Pengertian dan Jenis Perangkat Keras Komputer

Pengertian dan Jenis Perangkat Keras Komputer – Dalam dunia komputer, hardware atau perangkat keras memiliki arti komponen fisik yang membentuk suatu sistem komputer.

Sifat hardware ini berbeda dengan software yakni bisa diraba, dilihat dan juga memiliki bentuk nyata. Jenis-jenis hardware komputer sendiri bukan hanya tertuju ke  bagian dalam dari komputer, melainkan semua perangkat pendukung kinerja komputer.

Untitled

Motherboard

Papan sirkuit yang fungsinya sebagai tempat dari komponen-komponen komputer layaknya hard disk, processor, RAM dan lain sebagainya.

Motherboard berupa papan berbentuk PCB dengan chip BIOS, jalur-jalur ataupun konektor yang berguna untuk menghubungkan masing-masing perangkat.

Processor

Sebuah IC yang bertugas mengontrol seluruh sistem komputer. CPU atau processor bisa dikatakan otak komputer sebab tugasnya melakukan perhitungan dan memerintah program yang hendak di jalankan komputer.

Hard disk

Hard disk adalah perangkat komputer yang bertugas sebagai media penyimpanan. Terdapat lebih dari 1 piringan untuk memperbesar kapasitas data yang mampu ditampung oleh hard disk.

Heatsink/ PC Cooler

Heatsink atau PC Cooler adalah perangkat komputer dengan tugas utama mengurangi panas yang telah dihasilkan oleh komputer. Mengingat panas komputer akan merusak hardware lainnya di dalamnya.

Monitor

Monitor termasuk sebagai salah satu perangkat keras yang termasuk alat output dengan tugas utamanya menampilkan hasil pengolahan data dalam bentuk grafis.

Setiap merek monitor akan memiliki resolusi dan ukuran yang beragam. Jenis-jenis monitor secara umum sekarang adalah monitor CRT (Cathode Ray Tube) serta LCD (Liquid Crystal Display).

SSD

Solid State Drive (SDD) adalah inovasi terbaru dari hard disk. SSD adalah media penyimpanan dengan bantuan memory solid state guna menyimpan semua datanya. SSD bahkan memiliki fungsi layaknya hard disk, tetapi sedikit berbeda.

VGA Card

Video Graphic Adapter (VGA) merupakan sebuah perangkat keras yang fungsinya untuk mengolah data di dalam bentuk grafik yang hendak ditampilkan oleh monitor komputer.

Baca Artikel Lainnya :

VGA bahkan memiliki processor yang biasa disebut sebagai GPU (Graphic Processing Unit). Umumnya perangkat keras ini memang sangat dibutuhkan, secara khusus bagi designer maupun gamer.

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *