Pengertian dan Jenis Sistem Operasi Komputer

Pengertian Sistem Operasi

Sistem operasi dalam komputer mempunyai peranan yang sangat penting. Perangkat lunak ini lah yang mengatur segala sumber daya yang ada pada komputer. Tanpa adanya sistem operasi sebuah komputer tidak mampu untuk menjalankan tugas yang diberikan dengan baik sehingga kinerja sebuah komputer akan menjadi berantakan.

a 23

Pengertian dari sistem operasi ini adalah kumpulan dari beberapa instruksi yang dibuat oleh pabrik komputer berupa program pengendalian komputer. Dengan kata lain sistem operasi merupakan sebuah perangkat lunak yang mempunyai fungsi untuk mengendalikan sebuah komputer.

Tugas dari sistem operasi ini adalah sebagai penghubung antara pengguna komputer dan program aplikasi yang ada didalamnya. Oleh karena keberadaan sistem operasi inilah yang membuat instruksi oleh pengguna komputer dapat dimengerti oleh komputer itu sendiri. Selain itu sistem operasi juga berfungsi sebagai tempat penyedia program aplikasi.

Misalnya, suatu komputer menggunakan sebuah sistem operasi, seperti Microsoft Windows, dan untuk dapat untuk membuat suatu dokumen maka memerlukan sebuah program aplikasi seperti, Microsoft Word. Program-program aplikasi yang ingin digunakan dalam sebuah komputer tidak akan dapat diinstal jika sebuah komputer tidak memiliki sistem operasi.

Selain itu dengan adanya sistem operasi ini pengaturan sebuah sumber daya akan menjadi lebih baik, karena komputer sendiri biasa digunakan tidak hanya untuk melakukan suatu kegiatan saja, tetapi digunakan untuk berbagai kegiatan dalam suatu saat.

Sebagai contoh saat kita sedang mengerjakan suatu dokumen dan perlu mengunduh data-data penting yang ada pada internet pada, jika tidak ada pengaturan sumber daya oleh sebuah sistem operasi maka kinerja komputer akan berantakan.

Jenis Sistem Operasi

Sistem operasi pun memiliki banyak jenisnya, berikut adalah beberapa jenis sistem operasi yang sering digunakan oleh para pengguna komputer :

  1. Sistem Operasi Windows, sistem operasi yang dibuat oleh perusahaan Microsoft Corporation  petama kali diperkenalkan pada tahun 1995 di Amerika Serikat. Perusahaan yang didirikan oleh Bill Gates ini merupakan salah satu perusahaan pembuat perangkat lunak dan sistem operasi yang paling terkenal di dunia. Sistem operasi Windows yang pertama kali dibuat adalah versi Windows 3.0. Sistem operasi ini selalu dikembangkan seiring dengan kemajuan teknologi dan kebutuhan pengguna komputer yang semakain bervariasi.
  1. Sistem Operasi LINUX, merupakan hasil pengembangan dari sistem operasi terdahulunya yaitu UNIX. Sistem operasi yang satu ini bersifat Open Source, dimana semua orang dapat menggunakannya dengan bebas tanpa harus membayar. Meskipun demikian, LINUX memiliki kelemahan dalam proses penginstalannya, karena sebuah komputer harus memiliki spesifikasi teknologi IC yang tinggi, seperti minimal pada komputer pentium 4 yang mempunyai kapasitas memori yang besar.
  1. Sistem Operasi Mac OS, sistem operasi ini merupakan salah satu sistem operasi yang paling populer saat ini. Banyak sekali para pengguna komputer yang beralih dari sistem operasi Windows ke sistem operasi Mac OS. Sistem operasi ini dapat dibilang memiliki fitur-fitur yang lebih menjanjikan untuk para pengguna komputer saat ini.

Sekian uraian mengenai Pengertian dan Jenis Sistem Komputer, semoga bermanfaat.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *