Pengertian dan Jenis Website Yang Ada di Indonesia

Pengertian Website   

Pengertian Website adalah sekumpulan halaman web yang ada dalam sebuah domain dimana terdapat informasi yang bisa di akses dengan menggunakan Internet. Informasi yang ada dalam sebuah website dapat berupa teks, gambar, suara, animasi bahkan gabungan dari semuanya yang ada dalam kumpulan halaman-halaman dimana semua halaman tersebut membentuk satu rangkai yang saling terkait.

a 24

Istilah yang digunakan untuk menyebutkan hubungan antara satu halaman website dengan halaman website lain adalah hyperlink, sedangkan teks yang merupakan media penghubung disebut hypertext.

Adapun istilah lain yang sering ditemukan yang berhubungan dengan website adalah homepage. Homepage sendiri merupakan halaman pertama dalam sebuah domain. Contoh, jika anda membuka website www.google.com, halaman pertama yang muncul itulah yang disebut sebagai homepage.

Lalu dalam sebuah homepage terdapat menu-menu baik berupa teks atau gambar yang ada dan anda bisa mengklik menu yang ada sesuai dengan homepage yang diberikan dalam sebuah domain, menu-menu lain yang ada dalam sebuah homepage itu yang disebut dengan web page. Dan keseluruhan isi dari sebuah domain itu lah yang disebut sebagai website.

Jenis Website Di Indonesia

Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin maju semakin banyak juga website yang mengalami perkembangan secara cepat. Website pun dapat digolongkan menjadi 3 (tiga) jenis, yaitu website berdasarkan fungsinya, sifat, da. juga bahasa pemograman yang dipakai. Berikut penjelasan mengenai ketiga jenis-jenis website tersebut :

  1. Jenis-jenis Website Berdasarkan Fungsinya

      Terdapat 4 (empat) jenis website berdasarkan fungsinya, yaitu :

  • Personal Website yang merupakan sebuah website yang berisikan informasi pribodai seseorang, seperti blog.
  • Corporate Website yang merupakan website sebuah perusahaan tertentu.
  • Portal Website merupakan website yang memiliki daru berbagai layanan, dari layananan berita, e-mail, dan lainnya,
  • Forum Website meruapakan web yang ditujukan sebagai tempat untuk berdiskusi layaknya sebuah forum.
  1. Jenis-jenis Website Berdasarkan Sifatnya

            Ada 2 (dua) jenis website berdasarkan sifatnya, yaitu website dinamis dan statis.

  • Website dinamis merupakan website yang isinya selalu berubah-ubah setiap waktu. Website yang memiliki portal berita merupakan contoh dari website dinamis.
  • Website statis adalah website yang isinya jarang bahkan hampir tidak diubah. Contohnya adalah sebuah web yang berisikan profil sebuah perusahaan ataupun organisasi.
  1. Jenis-jenis Website BerdasarkanBahasa PemrogramanYang Dipakai

     2 jenis website berdasarkan bahasa pemograman yang dipakai yaitu :

  • Server Side Website yang bahasa pemogramannya tergantung kepada tersedianya sebuah server. Contohnya, ASP, PHP, dan sebagainya.
  • Client Side Website merupakan website yang tidak perlu menggunakan sever untuk mejalankannya, bisa langsung diakses dengan menggunakan browser saja. Misalnya, HTML.

Sekian artikel mengenai Pengertian dan Jenis Website yang ada di Indonesia. Semoga bisa menambah pengetahuan anda.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *