Pengertian dan Kegunaan dari BIOS

Pengertian BIOS

BIOS yang merupakan kependekan dari Basic Input/Output System yang tentunya merupakan salah satu istilah komputer yang paling familiar. BIOS sendiri adalah sebuah firmware yang merupakan perpaduan antara hardware dan software sehingga komputer dapat dijalankan.

a 25

BIOS juga dikenal dengan sebutan boot monitor, boot loader, atau boot ROM. Bagi Anda para pengguna komputer jika melihat tampilan saat pertama kali komputer tersebut dinyalakan, tampilan itulah yang disebut dengan BIOS.

BIOS merupakan sebuah kode program yang ada dalam sebuah chip sehingga dapat mengenali dan mengontrol berbagai perangkat yang menyusun sebuah komputer. BIOS biasa dijalankan dari EPROM, PROM, dan sebuah flash memory yang saat ini banyak digunakan.

Kegunaan BIOS        

BIOS sendiri mempunyai tugas utama untuk mengenali komponen-komponen yang ada dalam hardware sebuah komputer, seperti prosessor, hard disk, optic drive, dan sebagainya. Selain itu BIOS juga memiliki kegunaan untuk menyiapkan mesin sehingga software-software dapat disimpan pada media, dapat di load, di eksekusi, dan mengendalikan komputer.

Adapun kegunaan dari BIOS lainnya yaitu, BIOS sebagai IDE HDD Autodetection, dimana BIOS akan melakukan deteksi terhadap drive dari hard disk dan cd room yang terdapat dalam komputer secara lengkap dengan mendeteksi segala atribut yang ada seperti tipe, ukuran, dan juga jumlah silinder.

Selain itu BIOS juga mempunyai fungsi sebagai LBA, dimana dapat memungkinkan hard disk yang mempunyai kapasitas yang lebih dari 540 MB dapat digunakan dalam komputer.

Sekian artikel mengenai Pengertian dan Kegunaan BIOS ini, semoga bermanfaat bagi para pembaca.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *