Pengertian dan Kegunaan GPRS

Apa itu GPRS? Diantara kita pasti sering melihat istilah GPRS dalam kehidupan sehari-hari kita yang tidak bisa lepas dari teknologi, khususnya handphone. Pada artikel ini, akan dijelaskan mengenai pengertian GPRS dan juga kegunaan dari GPRS itu sendiri.

a 27

GPRS merupakan kepanjangan dariGeneral Packet Radio Service,yang menyediakan layanan komunikasi data bergerak bagi pengguna GSM. Transfer data GPRS umumnya dihitung per kilobyte data yang ditransfer.

Berbeda dengan transfer data berbasis kabel yang dihitung per menit yang membuat penggunanya tetap diminta untuk membayar meskipun tidak melakukan transfer data apapun.

GPRS dapat digunakan untuk berbagai jenis layanan, seperti wireless application protocol (WAP), short message service (SMS), multimediamessaging service (MMS), dan untuk layanan koneksi Internet seperti email dan World Wide Web (WWW).

GPRS bersifat packet-switcheddalam artian banyak pengguna menggunakan jalur transmisi yang sama. Transmisi hanya dilakukan ketika ada data yang perlu dikirim sehingga bandwidth hanya ditujukan hanya untuk pengguna yang sedang mengirim saja sehingga bandwidth yang terbatas bisa dipakai oleh banyak pengguna karena pengguna tidak setiap saat menggunakan jalur tersebut.

Kegiatan menggunakan internet khususnya untuk browsing umumnya tidak memerlukan koneksi yang terus-menerus sehingga dapatmenghemat bandwidth.

GPRS menawarkan laju data yang tinggi. Laju datanya dapat mencapai 160 kbps dibandingkan dengan 9,6 kbps yang hanya dapat disediakan oleh rangkaian tersakelar GSM.

Kanal-kanal radio ganda dapat dialokasikan bagi seorang pengguna dan kanal yang sama dapat pula digunakan dengan berbagi antar pengguna sehingga menjadi sangat efisien. Dari segi biaya, harga dari penggunaan GPRS mengacu pada banyaknya besar penggunaan.

Biaya yang ditarik berkaitan dengan banyaknya Penggunanya banyaknya byte yang dikirim atau diterima, tanpa memperdulikan panggilan, hal tersebut yang membuat GPRS menjadi lebih banyak dipilih oleh pelanggan untuk mengaksesnya daripada layanan-layanan IP.

GPRS merupakan teknologi baru yang memungkinkan para operator jaringan komunikasi bergerak menawarkan layanan data dengan laju byte yang lebih tinggi dan juga dengan tarif  yang rendah ,sehingga membuat layanan data menjadi menarik bagi para penggunanya.

Para operator jaringan komunikasi bergerak di luar negeri kini melihat GPRS sebagai kunci untuk mengembangkan pasar komunikasi bergerak menjadi pesaing baru di lahan yang pernah menjadi milik jaringan kabel, yakni layanan internet. Kondisi ini dimungkinkan karena ledakan penggunaan internet melalui jaringan kabel (telepon) dapat pula dilakukan melalui jaringan bergerak.

Layanan bergerak yang kini sukses di pasar adalah, laporan cuaca, pemesanan makanan, berita olah raga sampai ke berita-berita penting harian. Dari perkembangan tersebut, dapat dirasakan dampaknya pada kemunculan berbeagai provider HP yang bersaing menawarkan tarif GPRS yang semakin terjangkau.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *