Pengertian dan Keutamaan Sholat Jumat

Pengertian dan Keutamaan Sholat Jumat – Sholat Jumat merupakan sholat dua rakaat yang dilakukan setiap hari Jumat secara berjamaah diawali oleh khutbah di waktu Dhuhur. Dinamakan sholat Jumat karena dikerjakan setiap hari Jumat.

Pengertian dan Keutamaan Sholat Jumat

Pengertian dan Keutamaan Sholat Jumat

Hari Jumat memang hari yang paling memiliki banyak keutamaan di satu pekan.

Hukum dari sholat Jumat adalah wajib bagi laki-laki yang baligh, berakal, dan kuasa, karena apabila meninggalkannya maka ia kafir. Apabila sholat Jumat telah dikerjakan, maka tidak perlu lagi untuk sholat Dhuhur.

Baca Juga :

Seperti telah disebutkan sebelumnya, hari Jumat merupakan hari yang dianggap paling memiliki banyak keutamaan.

Hari Jumat merupakan penghulu hari, atau disebut juga sayyidul ayyam. Bagi umat Islam, banyak peristiwa penting yang terjadi, misalnya peristiwa saat Nabi Adam as diciptakan dan dimasukkan ke dalam surga.

Juga peristiwa saat Nabi Adam as dikeluarkan dari surga untuk pergi ke bumi. Selain itu, sebuah hadits juga menyebutkan kiamat akan terjadi di hari Jumat.

Diyakini pula bahwa hari Jumat merupakan hari yang baik untuk berdoa karena banyak dosa-dosa yang diampuni pada hari itu.

Sholat Jumat memang istimewa dan merupakan ibadah yang memiliki banyak keutamaan. Berikut adalah beberapa keutamaan dari sholat Jumat:

  • Sholat Jumat sebagai penghapus dosa

Berdasarkan hadits HR. Muslim, sholat Jumat dapat menjadi penghapus dosa yang dilakukan di antara dua hari Jumat, selama dosa tersebut bukan dosa besar.

  • Orang yang sholat Jumat akan mendapat pahala yang besar

Sholat Jumat merupakan salah satu ibadah yang berpahala besar. Pahalanya senilai dengan pahala qurban, sesuai dengan waktu kedatangan untuk solat di masjid. Makin awal datang ke masjid maka pahalanya akan semakin besar dibandingkan datang saat imam sudah berkhutbah.

  • Sholat Jumat yang sempurna seperti ibadah setahun

Orang yang melakukan sunnah sebelum sholat Jumat, misalnya diawali dengan mandi, maka setiap langkahnya menuju masjid dihitung seperti ibadah selama satu tahun.

  • Dicukupkan nikmatnya

Hari Jumat merupakan hari di mana Allah menyempurnakan agama Islam dan mencukupkan nikmat-Nya untuk umat.

Selain beberapa keutamaan di atas, ada pula kerugian atau ancaman apabila sengaja meninggalkan solat Jumat.

Baca Juga :

Apabila dilakukan, maka Allah akan menutup pintu hatinya serta menjadikannya sebagai umat yang lalai.

Selain itu, apabila meninggalkan sholat Jumat selama tiga kali berturut-turut tanpa alasan yang jelas maka Allah akan menutup hati mereka dari hal-hal baik selamanya.

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *