Pengertian, Dan Landasan Pancasila Sebagai Dasar Negara

Pengertian, Dan Landasan Pancasila Sebagai Dasar Negara – Menurut pendapat dari Wikipedia menjelaskan tentang Pengertian Pancasila adalah merupakan ideologi dasar bagi bangsa dan negara Republik Indonesia.

Pengertian, Dan Landasan Pancasila Sebagai Dasar Negara

Pengertian, Dan Landasan Pancasila Sebagai Dasar Negara

Dimana nama yang bersangkutan berasak dari 2 suku kata dari Bahasa Sansekerta yaitu panca artinya lima dan sila mengandung makna prinsip atau asas.

Pancasila adalah rangkaian rumusan dan pedoman untuk menjalani kehidupan berbangsa dan bernegara guna ditujukan kepada seluruh rakyat Indonesia seperti tertuang di dalam 5 lambang berfungsi sebagai pokok penyusun yaitu Pancasila.

Lima lambang sebagai pokok penyusun Pancasila tersebut di atas tercantum di dalam paragrap ke 4 pada pembukaan Undang – Undang Dasar 1945 negara Republik Indonesia.

Landasan Pendidikan Pancasila

1. Landasan Historis

Landasan Pendidikan Pancasila yang dilakukan secara historis mengandung arti terkait dengan nilai – nilai yang tercantum di dalam masing – masing sila dari Pancasila sebelum pada akhirnya merumuskan tentang aturan – aturan yang berlaku untuk disahkan menjadi dasar begara Indonesia yang bersifat ‘objektif historis’ serta dimiliki hingga ke akar – akarnya oleh bangsa Indonesia dimana pada awalnya nilai – nilai Pancasila tak lain adalah cermin sikap bangsa Indonesia itu sendiri atau bangsa Indonesia sebagai ‘kausa meterialis’ Pancasila.

2. Landasan Kultural

Adapun nilai – nilai terhadap kenegaraan dan kemasyarakatan yang tercantum di dalam beberapa sila dari Pancasila bukanlah merupakan sebuah hasil yang bersifat ‘konseptual’ seseorang melainkan hasil karya dari bangsa Indonesia yang bersumber dari nilai – nilai ‘kultural’ yang dimiliki oleh rangkaian proses ‘refleksi filosofis’ dari para pendiri negara bersangkutan. Maka dari itu diharapkan kepada generasi penerus di kalangan intelektual kampus untuk seharusnya memperdalam penelitian – penelitian karya – karya besar / ilmiah tersebut dalam usaha untuk mengabdikan dan memajukan disesuaikan dengan tuntutan jaman.

3. Landasan Yuridis

Landasan ketiga adalah terkait dengan masalah ‘yuridis’ yang erat hubungannya terhadap dunia perkuliahan, Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi secara yuridis diatur dalam UU No. 2 tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional di dalam pasal 39 menjelaskan bahwa : isi kurikulum masing – masing jenis, jalur dan jenjang pendidikan adalah wajib memuat tentang dasar – dasar Pendidikan Pancasila disertai Pendidikan Agama, dan Pendidikan Kewarganegaraan.

Sebagai fungsi masing – masing pelaksanaan terhadap SK tersebut, Dirjen Pendidikan Tinggi mengeluarkan Surat Keputusan No. 38/DIKTI/Kep/2002 tentang adanya rambu – rambu pelaksanaan mata kuliah khusus yaitu Pengembangan Kepribadian / MPK dimana dalam pasal 3 menjelaskan tentang kompetensi terhadap kelompok mata kuliah MPK untuk fungsi dan tujuan menguasai pola berpikir, bersikap rasional dan dinamis, berpandangan luas sebagai salah seorang manusia intelektual.

Pengembangan di atas dimaksudkan agar masing – masing mahasiswa / wi mampu bersikap sesuai dengan hati nurani erat hubungannya dengan masalah hidup terutama kehidupan umum dari rakyat lalu mengenali adanya perubahan – perubahan dan pada akhirnya mampu memaknai peristiwa sejarah, nilai – nilai budaya demi persatuan bangsa.

4. Sebagai Landasan Filosofi

Dalam bagian ini, Pancasila merupakan dasar filsafat negara dilengkapi dengan sudut pandang filosofi terhadap bangsa Indonesia. Maka dari itu sudah seharusnyalah moral diajarkan secara konsisten untuk merealisasikan dalam masing – masing aspek kehidupan di dalam masyarakat, berbangsa dan bernegara.

Nah demikian ulasan singkat dari kami tentang postingan kali ini berjudul pengertian, dan landasan Pancasila sebagai dasar negara, semoga saja memberikan banyak manfaat bagi para pembaca !

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *