Pengertian dan Penyebab Penyakit Parkinson

Pengertian dan Penyebab Penyakit Parkinson – Lagi – lagi kesehatan merupakan kunci utama bagi manusia untuk melanjutkan hidup dan melakukan pekerjaan ataupun aktivitasnya.

Pengertian dan Penyebab Penyakit Parkinson

Pengertian dan Penyebab Penyakit Parkinson

Merawat dan menjaga kesehatan tubuh itu sangat penting bagi kita agar terhindar dari siksaan virus atau bakteri yang menimbulkan penyakit.

Namun terkadang datangnya penyakit itu sulit ditebak, mungkin ada juga yang merasa bahwa dirinya telah merawat dan menjaga tubuhnya dengan baik, namun tetap terserang penyakit dengan berbagai macam faktor.

Pada artikel kali ini, akan dibahas mengenai penyakit Parkinson. Umumnya penyakit ini lebih banyak menyerang kaum pria di banding wanita, namun tidak menutup kemungkinan wanita juga bisa terserang penyakit tersebut.

Biasanya penyakit Parkinson menyerang manusia yang sudah lanjut usia diatas umur 60-an. Berikut penjelasan lebih lanjut mengenai pengertian dan penyebab penyakit Parkinson:

Pengertian Penyakit Parkinson

Penyakit Parkinson merupakan gangguan atau kelainan pada suatu sistem saraf di otak yang memproduksi dopamine, ditandai dengan kehilangan kontrol pergerakan otot.

Perlu diketahui bahwa sistem saraf yang disebut dengan substantia nigra pada penyakit ini dapat terus memburuk secara bertahap sehingga gerakan tubuh akan sulit dikoordinasikan oleh otak.

Penyebab Penyakit Parkinson

Berikut adalah beberapa penyebab dari timbulnya penyakit Parkinson:

  1. Keturunan

Terdapat penelitian bahwa sekitar 15% penderita dari penyakit Parkinson memiliki anggota keluarga yang juga mengidap penyakit yang sama. Jadi dapat diketahui penyakit Parkinson ini juga bisa karena adanya mutasi gen.

  1. Lingkungan

Memang belum ada kesimpulan yang resmi terkait ini. Namun paparan zat berbahaya ataupun polusi udara mungkin dapat menyebabkan penyakit Parkinson.

  1. Usia

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa usia seseorang dapat menyebabkan timbulnya penyakit ini, khususnya bagi seseorang yang usianya sudah lanjut sekitar 60-an.

  1. Terdapat kehadiran lewy body

Jumlah protein yang tidak normal, yang terbentuk dalam sel saraf disebut dengan lewy body. Terdapat penelitian yang mengungkapkan bahwa lewy body ini adalah penyebab utama dari timbulnya penyakit Parkinson.

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian, penyebab penyakit Parkinson. Semoga dapat menambah ilmu serta wawasan bagi kita semua. Jangan lupa jaga kesehatan J

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *