Pengertian Dan Penyebab Penyakit Prolanis

PROLANIS merupakan kepanjangan dari Program Pengelolaan Penyakit Kritis adalah salah satu pelayan kesehatan untuk para penderita kronis yang terdaftar menjadi anggota BPJS dari BPJS.

Program ini meilibatkan anggota BPJS, BPJS itu sendiri dan fasilitas kesehatan demi mencapai hidup optimal dengan biaya yang efektif dan efisien. Program ini diharapkan 75 % para penderita yang memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan tingkat pertama memiliki hasil baik.

m 23

Sasaran dari program prolanis ini adalah para penderia Diabetes melitus tipe 2 serta para penderita hipertensi yang telah mendaftarkan diri menjadi anggota PROLANIS dan telah melalui pemeriksaan pada fasilitas kesehatan pertama bagi penderita Diabetes Melitus tipe dua dan pemeriksaan lanjutan bagi para penderita fasilitas kesehatan tingkat lanjut.

Proses pencatatan program PROLANIS, pelaporannya menggunakan aplikasi pelayanan primer (P-Care) dengan melakukan input data dan memberikannya flag terdaftar pada peserta.

Penyebab penyakit prolanis:

1. Diabetes melitus tipe 2

Diabetes merupakan salah satu penyakit yang ditandai dengan gula darahnya sangat tinggi. Diabetes dibagi menjadi dua, diabetes tipe 1 dan diabetes tipe dua. Tetapi kali ini akan saya bahas tentang diabetes tipe dua.

Diabetes tipe dua adalah penyakit diabetes yang disebabkan oleh badan kegemukan dan adanya riwayat keluarga menderita diabetes. Kadar gula dalam darah naik tidak terkendali karena resistensi tubuh pada efek hormon insulin yang diproduksi oleh sel beta pankreas.

Insulin sendiri memiliki fungsi mendistribusikan glukosa keseluruh tubuh untuk menghasilkan energi. Jika glukosa yang dihasilkan lebih maka akan disimpan dihati dan dilepaskan ketika diperlukan, misal ketika lapar.

2. Hipertensi

Hipertensi darah tinggi merupakan sebuah penyakit kronis dimana tekanan darah pada pembuluh arteri meningkat. Pada umumnya penyakit ini belum dapat di pastikan penyebabnya pada 90 persen kasus.

Baca Artikel Lainnya :

Tetapi pada umumnya hipertensi disebabkan oleh konsumsi banyak garam yang berlebih, kelebihan berat badan, kurang makan buah dan sayur – mayur, kurang berolahraga dan memiliki keluarga yang beriwayat sakit hipertensi.

Demikian pengertian PROLANIS dan penyebab penyakit PROLANIS, semoga bermanfaat.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *