Pengertian dan Peranan Nematoda

Pengertian dan Peranan Nematoda – Nematoda adalah cacing yang berbentuk bulat panjang (gilik) atau seperti benang. Istilah Nematoda berasal dari bahasa Yunani yang terdiri dari dua kata yaitu nema yang berarti ‘berenang’ dan ode yang berarti ‘seperti’.

Nematoda merupakan hewan tripoplastik dan pseudoselomata (berongga tubuh semu). Spesies nematoda bisa sulit untuk dibedakan, dan meskipun lebih dari 25.000 telah dijelaskan, lebih dari setengahnya adalah parasit, Nematoda yang hidup sebagai parasit dapat ditemui pada hewan, manusia, bahkan tumbuhan. Nematoda yang hidup parasite pada manusia ditemukan di sejumlah organ, seperti anus, usus halus, paru-paru, mata, pembuluh darah, dan pembuluh limfah.

Nematoda banyak hidup bebas di alam dan mempunyai daerah penyebaran yang luas, mulai daerah kutub yang dingin, padang pasar, sampai ke laut yang dalam.

Nematoda sangat mudah ditemukan di laut, air tawar, air payau maupun tanah. Nematoda hidup bebas dengan memakan sampah organik, bangkai, kotoran hewan, tanaman yang membusuk, ganggang, jamur, dan hewan kecil lainnya.

Pada umumnya nematoda ini bersifat sangat merugikan karena banyak hidup sebagai parasit dan menyebabkan berbagai penyakit pada manusia. Banyak pula spesies nematoda yang menjadi parasit pada tumbuhan, contohnya Globodera rostochiensis yang menjadi parasit pada tanaman kentang dan tomat, dan sebagai vektor virus pada beberapa tanaman pertanian.

Terdapat Iebih dari 2000 spesies nematoda parasit tanaman yang diketahui dapat mengakibatkan kerusakan tanaman dan tanaman tersebut kehilangan hasil akibat dari cara makan nematoda tersebut ataupun adanya assosiasi antara nematoda dengan organisme penyebab penyakit (pathogen), yang berupa bakteri, jamur, serta virus. Nematoda puru akar merupakan salah satu jenis nematoda parasit tumbuhan yang tersebar luas di dunia dan bersifat sangat merusak.

Walaupun banyak hidup sebagai parasit untuk mahluk hidup, namun beberapa nematoda juga memiliki beberapa peranan positif lain diantaranya:

  1. Ada nematoda yang berperan sebagai predator hama, yakni seperti ulat tanah.
  2. Ada pula jenis nematoda lainnya yaitu caenorhabditis elegans  yang merupakan nematoda yang hidup bebas di tanah, dan telah lama digunakan sebagai organisme model untuk penelitian mengenai perkembangan hewan, termasuk perkembangan saraf, karena mudah dikembangbiakkan dan mudah dianalisis struktur genetiknya.

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *