Pengertian dan Perbedaan Antara Konvensional dengan Digital

Pengertian dan Perbedaan Antara Konvensional dengan Digital – Beberapa kata dalam bahasa Indonesia memang terkadang membingungkan dan sulit untuk dipahami.

Namun sebenarnya,hal itu tidak akan terjadi bila kita tahu apa arti dan makna dari kata yang kita gunakan sehari-hari. Berikut ini adalah jabaran tantang konvensional dan digital yang perlu anda ketahui.

sahabatq1

Konvensional

Konvesional berasal dari kata konvensi yang awalnya digunakan untuk mengkomunikasikan segala sesuatu yang telah mendapat kesepakatan bersama dalam lembaga yang berskala kecil hingga lembaga yang berskala besar.

Kesepakatan dalam lingkup berskala besar adalah seperti kesepakatan yang dilakukan di forum PBB. Namun dalam lingkup kecil,pengertian konvensional adalah mengkomunikasikan berbagai hal dengan kesepakatan.

Konvensional biasanya bisa dilakukan oleh sejumlah orang namun bila sejumlah orang belum bisa dikatakan resmi karena tidak mendapat pengakuan dari orang yang lebih tinggi derajatnya.

Singkatnya, pengertian konvesional adalah kata yang menunjukan sifat suatu kegiatan yang dilakukan dengan bersama-sama dan pelaksanaanya harus sesuai dengan ketentuan atau undang-undang yang berlaku di Negara dalam lingkup yang cukup besar.

Konvensional merupakan kata yang khas dan selalu mengalir mengikuti standart yang telah ditentukan sebelumnya.

Kesepakatan dalam suatu organisasi dan digunakan dengan perjanjian bisa termasuk salah satu contoh dari konvensional. Dengan demikian,pengertian metode konvensional adalah metode yang sebenarnya biasa saja,tradisional, bersifat umum dan bukan merupakan hal yang asing di masyarakat.

Digital

Kata digital memang sudah sangat popular ditelinga anda. Hampir segala sesuatu saat ini berhubungan dengan digital seperti kamera,handphone,era,dan zaman. Digital memang erat hubunganya dengan sesuatu yang berbau teknologi atau kecanggihan sesuatu.

Namun apakah anda tahu arti dari kata digital itu sendiri? Digital berasal dari kata digitus dalam bahasa Yunani yang berarti jari jemari.

Apabila jumlah jari manusia dihitung,akan menghasilkan 10. Nilai 10 itu terdiri dari 2 radix yaitu 1 dan 0. Karena itu, digital adalah penggambaran dari suatu kondisi bilangan yang terdiri dari 0 dan 1 contohnya ON dan OFF.

Hal itu dapat disebut jua Binary digit. Hampir semua perangkat computer menggunakan system digital ini. Peralatan elektronik yang canggih sebagian besar memiliki biner yang rumit. Dalam contoh sehari-hari proses biner seperti sakelar lampu yang punya ON dan OFF.

Ketika lampu ditekan ON,maka seluruh ruangan akan terang karena lampu menyala. Namun sebaliknya bila ditekan OFF maka ruangan akan gelap dan lampu tidak akan menyala. Proses biner atau digital ini sangat berkaitan dengan sirkuit elektronik,teknologi,dan industry.

Anda akan mendapat banyak penjelasan mengenai hal tersebut bila anda sedang menjalani studi yang berhubungan seperti tekhnik atau fisika.

Baca Artikel Lainnya :

Perbedaan dari digital dan konvensional sendiri bisa terlihat dengan jelas. Konvensional adalah cara yang ditetapkan secara tradisional namun digital adalah sesuatu yang sangat berbau modern dan erat dengan teknologi.

Itulah penjelasan mengenai konvensional dan digital. Semoga bermanfaat..

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *