Pengertian dan sejarah berdirinya Wikipedia

Pengertian dan sejarah berdirinya Wikipedia – Wikipedia merupakan sebuah website yang memberikan berbagai informasi yang dibutuhkan oleh orang-orang diseluruh dunia.

Berawal dari Nupedia dan hingga saat ini popular dan berkembang dengan nama Wikipedia ini didirikan oleh jimmy wales. Perusahaan bomis.com merupakan salah satu yang mensponsori serta mendanai lahirnya Wikipedia tersebut.

Untitled

Selain Orang yan mendirikan Wikipedia, ada pula orang yang berjasa mengembangkan Wikipedia yaitu Larry Sanger yang sudah memahami tentang konsep ensiklopedia kolaboratif gratis di tahun 2000.

Atas dasar itu Larry menghubungi Jimmy agar konsepnya tersebut dapat diterapkan di Wikipedia, dan Ternyata berhasil dan sukses.

Hingga saat ini proyek yang Wikipedia ini merupakan salahsatu proyek yang paling sukses dan dermawan. Awalnya memang isi dari Wikipedia tersebut diisi oleeh orang-orang yang ahli, namun muncul permasalahan lambatnya produksi isi dan informasi dari Wikipedia.

Dengan begitu Oleh karena itu jimmy dan Larry memiliki ide agar orang lain bolehuntuk membuat dan memperbaharui informasi yang sudah ada di Wikipedia. Perkembangan Wikipedia hingga saat ini cukup pesat, dimana sudah menghasilkan Dua puluh ribu informasi.

Oleh karena itu Jimmy dan Larry pun lebih focus mengembangkan Wikipedia dibandingkan Nupedia.Pada tahun 2002 Larry keluar dari Wikipedia karena melihat ada kelemahan yang terdapat dalam Wikipedia.

Terlepas dari keluarnya Larry, hingga saat ini jasanya tidak pernah terlupakan. Ini dikarenakan cukup banyak kebijakan-kebijakan yang telah dibuat ketika ia masih di Wikipedia.

Memang tidak bisa dipungkiri bahwa keakuratan informasi dari Wikipedia masih belum dapat dipastikan seratus persen, bahkan kredibilitasnya pun masih dipertanyakan.

Namun Hal tersebut memang sudah pernah diantisipasi ketika awal berdirnya Wikipedia sudah banyak alamat internet protocol atau IP yang diblokir karena melanggar kebijakan Wikipedia.

Baca Artikel Lainnya :

Namun walaupun terdapat kekurangan yang dimiliki hingga saat ini dengan adanya teknologi yang diterapkan oleh Wikipedia sudah banyak orang yang memberikan kontribusi, dan memperbaharui sebuah artikel serta mendiskusikannya.

Sehingga Wikipedia masih menjadi Kamus online dan ensiklopedia terbesar di dunia hingga saat ini. Harapannya masyarakat dapat memanfaatkan Wikipedia untuk kepentingan pendidikan dan pengajaran generasi muda sekarang ini.

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *