Pengertian dan Sejarah Blog Hadir Di Dunia Internet

Pengertian Blog

Blog merupakan kependekan dari “Web Log” yang memiliki arti jenis website dimana dalam website tersebut terdapat tulisan-tulisan yang disebut sebagai posting dalam webnya.  Sebuah postingan yang terdapat dalam blog biasanya disusun secara descending dimana urutan pertama yang biasnya terdapat dalam homepage merupakan sebuah postingan baru lalu diikuti dengan postingan-postingan lama yang bisa ada di page selanjutnya.

a 32

Blog-pun sebenarnya juga bisa diartikan sebuah website yang berisi catatan harian seseorang, tutorial tertentu, atau topik-topik tertentu yang dapat diakses oleh semua pengguna internet. Saat ini hampir kebanyakan orang memiliki sebuah blog karena sejatinya blog ini sudah menjadi sebuah kebutuhan bari para pecandu internet.

Sejarah Blog

Sebelum dikenal dengan sebutan blog, dahulu blog merupakan sebuah online diary. Dimana terdapat catatan harian mengenai opini, pendapat, dan sebagainya dalam suatu bentuk yang dipublikasikan dalam website. Justin Hall, yang dulunya merupakan pelajar dari Swarthmore College, yang mempopulerkan online diary ini dengan online diary-nya yang bernama Justin Links From The Underground.

Lalu istilah web blog sendiri diciptakan oleh seorang programer yang juga memiliki online diary robot wisdom yaitu John Barger pada tahun 1997. Istilah web blog ini sendiri berasal dari kata “logging the Web” yang mempunyai arti “Masuk ke dalam Web”. Tentu nama ini tidak begitu saja tercipta, isitilah tersebut tercipta karena pada saat itu orang yang memiliki online diary merupakan orang yang masuk ke dalam web-web dan menyortir link yang menarik berdasarkan opininya.

Pada tahun 1999 lah istilah blog muncul, karena pada saat itu Peter Merhozl menyebut istilah weblog dengan sebutan wee-blog, yang akhirnya dipersingkat menjadi blog. Pada tahun tersebut juga muncul istilah blogger yang mengacu kepada orang yang mengelola blog.

Pada saat itulah online diary mengalami pergeseran arti dan menjadi blog. Karena pada saat itu terdapat website yaitu blogger.com yang menyediakan layanan bagi para orang yang tidak memiliki kemampuan html untuk dapat menciptakan dan mengelola blog sehingga semakin banyak orang yang membuat blog.

Hal tersebut yang membuat perubahan besar yang awalnya blog merupakan kumpulan link yang dikomentari oleh pemilik blog, dan saat itu menjadi sebuah wadah berkekspresi secara bebas oleh para penggunanya.

Dalam sosial media, blog menempati kasta tertinggi karena blog merupakan media informasi yang sangat membantu pengguna yang membutuhkan informasi, sehingga Pembaca dapat belama-lama berada di suatu blog kita karena menikmati informasi yang mereka cari dan berguna juga.

Sekian artikel mengenai Pengertian dan Sejarah Blog di Dunia Internet, semoga bermanfaat.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *