Pengertian dan Sejarah Internet

Interconnection-networking atau yang lebih dikenal dengan internet adalah seluruh jaringan komputer yang terhubung dalam suatu sistem global yang disebut Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP)dimana sistem global tersebut merupakan sebuah protokol pertukaran paket yang melayani miliaran pengguna internet.

b 57

Dalam sejarahnya pada tahun 1969, Departemen Pertahanan Amerika Serikat membuat suatu jaringan komputer dalam suatu proyek ARPA yang dikenal sebagai ARPANET.

ARPANET yang merupakan kependekan dari Advanced Research Project Agency Network ini membeberkan bagaimana suatu hardware dan software dalam sebuah komputer yang berbasis UNIX mampu untuk melakukan suatu komunikasi secara jarak jauh dengan menggunakan saluran telepon. Proyek ini merupakan cikal/bakal dari protokol yang telah disebutkan sebelumnya yaitu TCP/IP.

Proyek ARPA sendiri dipimpin oleh J.C.R Licklider seseorang yang pertama kali mengemukakan tentang bagaimana cara yang harus dilakukan agar jaringan global mampu untuk data dan program dapat terhubung dari mana saja. Rencana awal yang dikemukakan oleh J.C.R Licklider disebut “Galactic Network”.

Pada awalnya tujuan utama dari proyek ini hanyalah untuk memenuhi keperluan militer. Karena pada saat itu mereka membutuhkan suatu sistem jaringan komputer yang bersifat jarak jauh yang digunakan untuk mengatasi masalah seperti jika terjadi serangan nuklir, tujuan lain selain hal tersebut yaitu agar menghindari terjadinya informasi secara tersebut, seperti jika suatu perang terjadi pada suatu daerah maka akan lebih mudah untuk dihancurkan.

Oleh karena itu, pada akhirnya ARPANET kemudian dibagi dua, dimana yang digunakan menjadi keperluan non-militer disebut “ARPANET” dan digunakan untuk keperluan militer adalah “MILNET”. Lalu kedua jaringan yang digabungkan lah yang akhirnya dikenal dengan sebutan DARPA Internet yang kemudian lebih dikenal menjad Internet.

Untuk menjelaskan secara rinci mengenai sejarah internet, berikut merupakan moment-moment penting berdasarkan tahunnya dalam sejarah dan perkembangan internet :

  • 1971 : Komputer yang menjadi anggota jaringan ARPANET bertambah menjadi 23, yang berasal dari komputer-komputer milik pemerintah Amerika Serikat dan juga Universitas di Amerika Serikat.
  • 1972 : International Network Working Group (INWG) yang merupakan sebuah kelompok kerja yang dibentuk dalam rangka untuk melakukan peningkatan teknologi dan pembuatan standar-standar untuk jaringan komputer, yang diantaranya termasuk Internet. Vint Cerf merupakan pembicara pertama yang berasal dari International Network Working Group (INWG) dan akhirnya dikenal dengan sebutan “Bapak Internet”

Baca Artikel Lainnya :

  • 1973 : Jaringan ARPANET mulai merambah ke luar Amerika Serikat, dengan anggota baru yang masuk yakni University College of London, Inggris dan Royal Radar Establishment, Norwegia.
  • 1974 : Para pontraktor untuk ARPANET membuat versi komersial dari ARPANET yang dikenal sebagai Telenet dan merupakan layanan paket pertama yang ditujukan untuk publik. Pada tahun yang sama ini untuk pertama kalinya Protokol TCP diperkenalkan.
  • 1977 : Terdapat 111 buah komputer yang terhubung pada ARPANET pada tahun ini.
  • 1978 : Protokol TCP dibagi menjadi dua, yaitu menjadi Transmission Control Protocol dan juga Internet Protocol (TCP/IP)
  • 1982 : Istilah “Internet” digunakan untuk pertama kalinya dan Protokol TCP/IP digunakan sebagai protokol untuk jaringan tersebut.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

2 thoughts on “Pengertian dan Sejarah Internet

  1. nak belog

    salam kenal,
    saya tumben kesini jadi meninggalkan jejak di buku tamu. artikelnya bagus-bagus sekali, kebetulan saya dapat link website ini dari blog juragancipir.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *