Pengertian dan Sejarah Tentang Komputer

Dalam keseharian masyarakat era modern seperti sekarang, komputer  tentu bukan menjadi hal yang asing. Namun, tahukah Anda sejarah mengenai perangkat canggih ini?

a 41

Kata “komputer” berasal dari bahasa latin computare yang memiliki arti menghitung. Jadi, pada mulanya komputer memang merupakan sebuah alat penghitung elektronik. Seiring dengan perkembangan dan kemajuan teknologi, komputer menjadi alat yang digunakan untuk mengolah, mengelola, dan menyimpan data menurut prosedur yang telah dirumuskan.

Di era sekarang, komputer juga memiliki banyak fungsi seperti untuk mengetik, menggambar, menjalankan program permainan, dan masih banyak fungsinya yang mempermudah kehidupan manusia sehari-hari.

Untuk menjadi kesatuan komputer, dibutuhkan hardware, software dan brainware. Sedangkan untuk pengoprasiannya, komputer didukung oleh sistem operasi serta software pendukung lainnya.

Adapun peralatan yang membentuk sebuah komputer merupakan peralatan elektronik yang saling membantu dan membentuk sistem kerja tertentu. Peralatan tersebut dapat dibedakan menjadi peralatan input, output, dan proses.

Komputer yang pertama kali dibuat ternyata memiliki bentuk dan ukuran yang sangat besar. Komputer berjenis mainframe ini dibuat pada tahun 1946 di Amerika Serikat. Namun kini, komputer telah hadir dalam berbagai dengan bentuk dan ukuran, memenuhi variasi kebutuhan setiap orang yang berbeda.

Ada PC atau Personal Computer yang banyak digunakan di rumah maupun istitusi seperti sekolah dan kantor.  Ada juga yang berbentuk seperti koper kecil, memiliki sebutan Notebook atau laptop, komputer jenis ini memiliki ukuran kecil sehingga lebih praktis dan bisa dibawa kemana-mana.

Perkembangan teknologi komputer tidak akan berhenti dan akan terus berkembang hingga nanti.  Semua ini berawal dari benda kecil yang sangat canggih dan memiliki kemampuan luar biasa, yaitu sebuah chip yang menjadi dasar dan penyusun perangkat keras komputer.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *