Pengertian, struktur dan sifat Adenin

1Pengertian, Struktur dan sifat Adenin – Struktur kompleks yang sering sekali terdiri dari berbagai komponen yang memiliki bentuk yang lebih kecil atau pun blok bangunan. Semisal sebuah rumah yang di bangun dengan berbagai kombinasi bagian yang kecil contohnya batu bata, kayu, jendela, hingga pintu.

Organisme yang hidup serta dibangun dengan cara yang relatif sama, molekul mereka pin terdiri dari banyak molekul yang jauh lebih kecil dari atom. Adenin sendiri ialah blok bangunan yang sangat penting untuk kehidupan. Hal ini ialah salah satu dari adanya 4 basa nitrogen yang tela diketemukan di dalam DNA serta RNA.

DNA serta RNA sendiri memiliki kandungan kode genetik dari tiap makhluk hidup termasuk hewan, manusia, jamur serta berbagai macam organisme. Adenin ini membantu untuk lebih menstabilkan bagian dari asam nukleat molekul. Selain ini adenin yang diketemukan di ATP, molekul yang telah membawa energi yang di butuhkan demi bekerja di dalam sel.

Struktur Serta Sifat Kimia Adenin

Adenin sendiri ialah molekul yang berasal dari nitrogen, karbon, hidrogen atom. Rumus kimia yang dimilikinya ialah C5H5N5. Saat basa yang seperti adenin ini melekat di fosfat serta ribosa dan membentuk nukleotida, adenin akan termasuk di dalam kelompok yang sering di sebut dengan nukleotida purin.

Purin yang terdiri dari nitrogen yang memiliki 6 anggota fusi cincin nitrogen serta beranggotakan 5. Jenis yang lain dari adanya kelompok nukleotida ialah piridin. Piridin sendiri terdiri dari berbagai macam nitrogen yang tunggal, serta membuat mereka akan lebih kecil dari purin. Adenin serta guanin ialah dua basa sehingga mereka masuk di dalam kelompok purin, sitosin dan timin ialah pirimidin.

Adenin yang Berada Di Dalam DNA

Demi memahami lokasi yang jauh adenin di molekul DNA, serta pentingnya, pertama kita harus mengeksplorasi sifat fisik dari DNA. Di tahun 1953, James Watson serta Francis Crick memberi ketentuan jika untaian DNA yang terstruktur seperti heliks yang berjumlah ganda yang bisa di bayangkan seperti tangga setelah Anda mempelintirnya.

Sisi tangga ini terdiri atas kombinasi gula serta fosfat, anak tangga ialah basa nitrogen dari adenin, guanin, timin serta sitosin. Di setiap anak tangga individual ini terdiri dari berbagai macam basa yang telah terikat secara bersama oleh ikatan hidrogen, dikarenakan struktur dan ukuran yang mereka miliki.

Purin sendiri lebih sering bahkan cenderung selalu berpasangan bersama dengan pirimidin. Sambungan ini lebih dikenal dengan pasangan asa. Adenin sendiri lebih sama penting dengan RNA. Akan tetapi di RNA, pasangan adenin dan basa disebut dengan urasil dikarenakan timin tidak hadir di dalamnya.

Peran Adenin Di Replikasi DNA

Sebelum terjadinya pembelahan sel, DNA sendiri haruslah mereplikasi dirinya dalam rangka menyampaikan berbagai macam informasi genetik yang sangat tepat.

Saat hal ini terjadi, DNA akan membuka ritsleting serta pasangan basa akan terpisah. Dikarenakan ulangan untai ini terpisah, basa baru akan datang demi memasangkan dengan yang telah ada, adenin memang selalu terpasangkan dengan timin serta ikatan hidrogen yang baru akan terbentuk untuk lebih menjaga mereka secara bersama-sama.

Adenin yang Berada Di ATP

Adenin ialah komponen kunci yang berada di dalam adenosin trifosfat atau yang sering di singkat dengan ATP. Saat adenin ini melekat di molekul ribosa serta rantai yang berada dari 3 fosfat, ATP ini aka terbentuk, ATP sendiri ialah molekul yang terpenting di dalam kehidupan.

 

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

2 thoughts on “Pengertian, struktur dan sifat Adenin

  1. Pingback: Proses Pembentukan ATP Melalui Siklus Krebs | Pusat Infomasi Pertanian Indonesia

  2. Pingback: Mengenal Tentang Glikolisis dan Tahapannya | Pusat Infomasi Pertanian Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *