Pengertian dan Teori tentang Atom

Atom yang meruapakan bahasa yunani yaitu “atomos” yang berarti tidak dapat dipotong merupakan suatu satuan dasar materi, yang terdiri dari inti atom elektron bermuatan negatif yang mengelilinginya.

a 42

Inti atom terdiri atas proton dan nentron dimana proton merupakan suatu muatan yang bersifat positif, sedangkan neutron yang bermuatan netral (kecuali yang terdapatdalam inti atom Hidrogen-1, yang tidak memiliki neutron). Rasanya sulit sekali kita bayangkan betapa kecilnya atom ini, dalam satu titik saja bisa terdapat sekitar 20 juta atom.

Sejak pertama kalo konsep atom dikenalkan sudah banyak dari beberapa ahli yang mengutarakan pemikiran mereka mengenai atom. Teori mengenai atom hingga saat ini masih terus dikaji, jadi dari semenjak konsep atom ini ada teori atom selalu memiliki perkembangan.

John Dalton, Demokritus, J.J Thompson, dan Ernest Rutherford adalah nama-nama dari para ahli yang teori atomnya paling banyak dikenal. Berikut adalah teori-teori atom dari para ahli yang namanya sudah disebutkan di atas :

1. Atom Menurut John Dalton

Menurut Dalton semua yang zat terdiri dari partikel yang sangat kecil yaitu atom. Atom merupakan partikel yang tidak dapat diuraikan menjadi partikel lainnya. John Dalton juga menjelaskan bahwa atom tidak dapat diciptakan maupun dimusnahkan.

Atom yang dimiliki oleh suatu unsur adalah identik dalam bentuk ukuran, bentuk, dan sifat-sifat lainnya sedangkan atom yang dimiliki oleh unsur yang berbeda akan memiliki sifat-sifat yang berbeda.

2. Atom Menurut Demokritus

Demokritus menjelaskan bahwa atom adalah partikel terkecil yang menjadi penyusun seluruh materi di alam semesta. Demokritus menggambarkan jika sebuah benda dipecah lalu dibagi secara terus-menerus, akan diperoleh sebuah bagian yang tidak mungkin dapat dibagi lagi, bagian itu lah yang disebut sebagai atom.

3. Atom Menurut J.J Thompson

Atom menurut J.J Thompson adalah suatu massa yang berbentuk bola dimana didalamnya terdapat muatan positif dan elektron. Dimana muatan positif ini merupakan muatan besar yang tersebar secara merata, sedangan elektron tersebar secara acak pada permurkaan, sehingga penjelasan dari J.J Thompson dikenal dengan istilah Plum Pudding Model.

4. Atom Menurut Ernest Rutherford

Atom yang dijelaskan oleh Ernest Rutherford adalah atom terdiri atas inti atom bermuatan positif berdiameterkan sekitar 10-13 cm yang hampir seluruh massa atom terpusat pada inti atom, sedangkan elektron dengan muatan yang negatid mengelilingi inti atom pada orbital sirkular yang berbeda.

Demikian artikel mengenai pengertian dan teori tentang atom, semoga semakin menambah pengetahuan Anda.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *