Pengertian Dan Unsur Estetika

Pengertian Estetika – Yang dimaksud dengan ‘estetika’ adalah salah satu ilmu pengetahuan yang mengkhusus mempelajari tentang terjadinya proses dan aturan di dalam hubungannya dengan menciptakan sebuah karya seni, maka diharapkan akan mampu mempengaruhi dan menimbulkan perasaan – perasaan positif terhadap hasil karya seni seseorang dimana nantinya bisa memikat orang lain untuk melihat dan merasakan karya seni yang dimaksud.

Banyak ahli yang merangkum pengertian ‘estetika’ dari berbagai sudut pandang diantaranya adalah Herbert Read, Bruce Allsopp, J.W. Moris, Dra. Artini Kusmiati, dan KBBI / kamus besar Bahasa Indonesia.

Unsur – Unsur Estetika

Berikut di bawah ini kami berikan beberapa unsur Estetika yang patut untuk diberi perhatian khusus terkait dengan bagaimana anda mengkaji nilai – nilai estetika yang terkandung di dalam sebuah objek, antara lain :

1. Bentuk

Dapat diartikan sebagai model. Unsur ini berfungsi untuk menentukan tentang daya tarik dari sebuah produk. Dimana secara umum, bentuk / model dari produk yang dimaksud dibedakan menjadi 2 jenis yaitu bentuk dua dimensi dan tiga dimensi. Untuk 2 dimensi contohnya adalah taplak meja, hiasan dinding, dan lain – lainnya. Sedangkan karya tiga dimensi adalah bedcover, tas, baju, dan lain sebagainya.

2. Warna

Warna pada umumnya dipilih sesuai dengan selera dari si pemakai. Maka dari itu warna menjadi sangat penting guna memberi keindahan terhadap sebuah produk. Contohnya adalah kain batik untuk diberikan kepada orangtua cenderung mengaplikasikan warna – warna gelap, berbeda dengan batik yang diberikan kepada anak – anak muda memakai warna – warna lembut dan cerah.

3. Tema

Merupakan sebuah gagasan yang akan disampaikan kepada siapa saja yang melihat dan turut merasakan karya – karya seni dari si pencipta karya kepada masyarakat pada suatu tempat yang berhubungan dengan even – even tertentu seperti sedang ada pameran. Yang mempengaruhi bagus atau tidaknyan sebuah tema adalah adat istiadat, letak geografis, dan kekayaan alam dari daerah masing – masing.

4. Motif Hias

Mengandung makna gambar – gambar atau pola yang merupakan hiasan dalam sebuah produk dimana memiliki tujuan untuk memberi nilai tambah terhadap suatu produk. Secara garis besar, produk – produk yang mempunyai banyak motif hias adalah kerajinan tekstil yaitu motif benda, hewan, manusia ataupun tumbuh – tumbuhan.

Baca Juga :

Nah, demikianlah pembahasan lengkap tetapi singkat tentang definisi disertai unsur estetika yang wajib untuk anda ketahui, semoga saja memberi manfaat khususnya yang berhubungan dengan estetika.

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *